Terdampak Covid, Peluang Pekerja Migran Jateng ke Luar Negeri Masih Terbuka

Ahmad Antoni ยท Sabtu, 24 Oktober 2020 - 07:13:00 WIB
Terdampak Covid, Peluang Pekerja Migran Jateng ke Luar Negeri Masih Terbuka
Para narasumber saat berbicara dalam Prime Topic MNC Trijaya FM bertema Menakar Peluang Bekerja di Mancanegara, Jumat (23/10/2020). (Foto: Sindonews/Ahmad Antoni)

SEMARANG, iNews.id - Pandemi Covid-19 berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah. Namun, tidak menutup kemungkinan peluang bekeja di luar negeri masih terbuka.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, pada Februari 2020 sudah tercatat 800.000 pengangguran di Jateng. Jika dibanding bulan yang sama di tahun 2019, jumlah pengangguran di Jateng hanya 78.000 orang.

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Endro Dwi Cahyono menilai bahwa respons Pemprov Jateng dalam menghadapi situasi tersebut sudah cukup baik. Pemprov Jateng membuat proyek-proyek padat karya, baik melalui industri di desa-desa, membantu dan memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan lainnya.

“Langkah-langkah strategis yang dilakukan Gubernur Jateng (Ganjar Pranowo) seperti membuka lapangan kerja melalui proyek-proyek sederhana di desa-desa, kewirausahaan, Bansos, BLT dan lainnya sudah dilakukan,” kata Endro saat berbicara dalam Diskusi Prime Topic MNC Trijaya FM bertema Menakar Peluang Bekerja di Mancanegara di Noormans Hotel Semarang, Jumat (23/10/2020).

“Dalam hal ini kami semua harus bergotong royong agar pengangguran akibat dampak pandemi ini bisa kita kurangi,” ujarnya.

Editor : Nani Suherni