Terempas Ombak, Kapal Tongkang Tabrak 9 Pemancing, 2 Tewas 1 Hilang

Yunibar ยท Kamis, 26 April 2018 - 08:14 WIB
Terempas Ombak, Kapal Tongkang Tabrak 9 Pemancing, 2 Tewas 1 Hilang
Petugas mengevakuasi jazad korban pemancing yang tertabrak kapal tongkang di Anjungan Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal, Rabu (25/4/2018) malam. (Foto: iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id - Cuaca buruk di Perairan Tegal mengakibatkan sebuah kapal tongkang terempas dan menghantam sembilan orang pemancing di Anjungan Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal, Rabu, 25 April 2018, petang. Dua orang tewas dan satu orang lainnya masih dinyatakan hilang dalam kejadian ini. Hingga rabu malam, tim SAR dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal, Satpolair dan TNI masih melakukan penyisiran di bawah kapal tongkang yang terempas.

Dua korban tewas yakni Johan (43), warga Desa Mindaka, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal dan seorang korban tanpa identitas berjenis kelamin laki-laki. Sementara korban yang masih belum ditemukan yakni Adi, 28 tahun warga Tegal. Enam orang pemancing lainnya dinyatakan selamat.

Fahruji, salah seorang korban selamat yang juga adik korban Johan mengaku, dia bersama sejumlah pemancing kaget setelah tiga kapal tongkang terempas gelombang dan lepas dari ikatan jangkar. Dia bersama sang kakak pun nekat terjun ke laut. Namun sayang, sang kakak tidak bisa berenang. Johan sempat meminta pertolongan pada Fahruji, namun akibat kehabisan napas, korban meninggal dunia di bawah kapal tongkang. Sementara satu korban tewas lainnya ditemukan dua jam kemudian.

“Sebelumnya sempat ada yang teriak, cuman tongkangnya sudah terlalu dekat. Sampai kami tidak bisa melarikan diri lagi. Anginnya kencang pada saat itu. Hujan sih tak seberapa. Kakak saya juga sudah teriak-teriak pas di bawah tongkang. Tapi dia tidak bisa berenang dan akhirnya tenggelam. Sempat minggir sendiri terus saya bantu keluarkan air di badannya tapi dia tidak bisa diselamatkan,” kata Fahruji, Kamis (26/4/2018) dini hari tadi.

Setelah berhasil dievakuasi, dua korban tewas dibawa ke Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal. Tangis keluarga korban pecah saat jenazah akan diambil pihak keluarga. Satpolair Polres Tegal Kota telah mendatangi sejumlah saksi untuk dimintai keterangan. Hingga tengah malam, tim SAR, Satpolair dan TNI masih melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian.


Editor : Himas Puspito Putra