Terjangan Angin Kencang, 1.092 Rumah di Banjarnegara Rusak

Elis Novit ยท Kamis, 24 Oktober 2019 - 11:55 WIB
Terjangan Angin Kencang, 1.092 Rumah di Banjarnegara Rusak
Angin kencang merusak ribuan rumah warga di Banjarnegara, Jateng. (Foto: iNews/Elis Novit).

BANJARNEGARA, iNews.id - Ribuan rumah warga di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), rusak setelah diterjang angin kencang. Insiden mengerikan tersebut terjadi selama dua hari berturut-turut dan viral di media sosial.

Pantauan iNews, video angin kencang disertai debu di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Sementara, orang di balik rekaman video tersebut mengumandangkan azan, di tengah-tengah badai angin tersebut.

Kepala Bpbd Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan, data yang dihimpun sementara ini ada delapan desa di Kecamatan Batur yang terdampak angin kencang. Ada 1.092 rumah warga yang mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Bencana Angin Kencang di Batu, BPBD: Ini Fenomena Musim Pancaroba

"Lalu ada 11 sekolah dan sebuah pasar yang rusak," kata Arief kepada iNews di Kabupaten Banjarnegara, Jateng, Kamis (24/10/2019).

Menurut dia, data kerusakan tersebut ada 202 unit rumah rusak parah, 510 unit rusak sedang dan 382 rusak ringan. Kerusakan paling parah ada di bagian atapnya lantaran terempas angin kencang.

Hingga kini, kata dia, tim BPBD Banjarnegara masih mendata sejumlah kerusakan dan kebutuhan material yang akan disalurkan ke warga. Meski tidak ada korban jiwa, namun warga masih trauma dengan peristiwa tersebut.

BACA JUGA: Bencana Angin Kencang di Batu, Jaringan Listrik dan Komunikasi Terputus

"Tim saat ini masih turun ke lapangan untuk mendata warga lain yang terdampak angin kencang," ujarnya.

BPBD Banjarnegara mengimbau, warga selalu waspada terjadinya angin kencang. Masyarakat diminta menghindari terjangan angin tersebut, dan menuju lokasi aman agar tidak ada korban jiwa.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal