Terjaring Razia Prokes, Puluhan Warga Semarang Disanksi Sosial hingga Denda

Angga Rosa · Rabu, 09 Juni 2021 - 16:51:00 WIB
Terjaring Razia Prokes, Puluhan Warga Semarang Disanksi Sosial hingga Denda
Sejumlah warga terjaring razia protokol kesehatan di depan Kantor Kecamatam Bringin, Kabupaten Semarang, Rabu (9/6/2021). (Foto/IST)

SEMARANG, iNews.id - Tim gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP Kabupaten Semarang menggelar operasi yustisi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 di depan Kantor Kecamatan Bringin, Rabu (9/6/2021). Hasilnya, petugas mengamankan 38 warga yang kedapatan tidak memakai masker.

Puluhan warga yang terjaring operasi yustisi langsung didata dan disanksi. Petugas juga memberikan masker dan edukasi kepada mereka dan warga lainnya agar menerapkan prokes Covid-19 secara ketat guna menangkal penularan penyakit yang disebabkan oleh virus itu.

Komandan Koramil 04 Bringin Katen Inf FX Agung Kartika mengatakan, operasi yustisi ini digelar dalam rangka pendisiplinan dengan penindakan dan sanksi. "Ini bagian dari upaya memutus rantai penularan Covid-19 di tingkat Kecamatan Bringin," kata Danramil.

Menurutnya, 11 warga yang terjaring operasi yustisi dijatuhi sanksi sosial, yakni membersihkan lingkungan di sekitar tenpat operasi. Sedangkan 27 orang lainnya dijatuhi sanksi denda. 

"Setelah diberikan teguran, imbauan dan sanksi, warga yang terjaring razia diberi masker," ujarnya. 

Editor : Ahmad Antoni