Terlibat Tambang Ilegal, Oknum Kades di Jepara Ditangkap Polisi

Alip Sutarto ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 19:07 WIB
Terlibat Tambang Ilegal, Oknum Kades di Jepara Ditangkap Polisi
Alat berat jenis beckhoe milik oknum kades di Jepara disita polisi untuk barang bukti kasus tambang ilegal. (Foto: iNews/Alip Sutarto)

JEPARA, iNews.id - Kepala Desa  Gemulung, Kecamatan Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah, berinisial S ditangkap polisi lantaran diduga terlibat penambangan ilegal. Penangkapan terhadap S dilakukan setelah dua kali mangkir dari pangilan pemeriksaan di Mapolres Jepara.

Kasatreskrim Polres Jepara, Djohan Andika menuturkan, S ditangkap pada Rabu, 8 Juli 2020 di jalan tidak jauh dari tempat tinggalnya. S yang telah ditetapkan sebagai tersangka, dua kali mangkir dari panggilan pemeriksaan dengan alasan sakit.

“Ini sudah ditahan di sini (Polres Jepara). Karena dua kali mangkir dari panggilan dengan dalih sakit, akhirnya kami keluarkan surat perintah membawa,” ujar Andika di Mapolres Jepara, Sabtu (11/7/2020).

Dari hasil penyelidikan petugas, S memiliki tambang galian C ilegal yang berlokasi di Desa Pancur Kecamatan Mayong. Truk dan sejumlah alat berat serta alat tambang manual telah disita untuk dijadikan barang bukti.

“Truk, alat manual, dan alat berat ada di belakang jadi barang bukti,” kata Andika.

Karena penambangan ilegal ini, S dijerat Pasal 158 tentang usaha penambangan tanpa kepemilikan izin dengan ancaman 5 tahun penjara. Sebelumnya pada 2018, S pernah tersandung kasus serupa. 


Editor : Kastolani Marzuki