Terpeleset di Gunung Sindoro, Pendaki Asal Solo Berhasil Diselamatkan

Ahmad Antoni ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 09:39 WIB
Terpeleset di Gunung Sindoro, Pendaki Asal Solo Berhasil Diselamatkan
Tim SAR gabungan mengevakuasi pendaki yang terpeleset di Gunung Sindoro, Selasa (11/8/2020) dinihari. (Foto: Dok Basarnas Jateng)

WONOSOBO, iNews.id - Seorang pendaki warga Desa Bratan, Kecamatan Laweyan, Solo, Vani Wahyu (48) terpeleset di pos 3 Gunung Sindoro. Beruntung, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dalam keadaan selamat pada Selasa (11/8/2020), pukul 01.00 WIB.

Diketahui pada Senin (10/08/20) pagi, survivor bersama temannya mendaki Gunung Sindoro via Kledung Temanggung hingga puncak untuk menikmati indahnya pemandangan. Kemudian saat sore, mereka hendak turun. Tapi, sampai di pos 3 survivor mengalami insiden terpeleset lalu terbentur akar pohon.

"Diduga survivor mengalami cedera pada tulang belakang tidak bisa melanjutkan perjalanan kemudian minta tolong," kata Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya.

Dia memberangkatkan satu tim rescue Basarnas pos SAR Wonosobo untuk melakukan evakuasi disertai alat evakuasi

"Kondisi jalur pendakian Gunung Sindoro di malam hari gelap tim SAR gabungan naik ke atas disertai alat penerangan/senter untuk mencapai puncak pos 3 dengan ketinggian kurang lebih 2500 MPDL," katanya.

"Setelah kurang lebih dua jam survivor berhasil dievakuasi dengan menggunakan tandu sampai di basecamp Grasindo Kecamatan Kledung dalam keadaan selamat " katanya.


Editor : Nani Suherni