Tim Gabungan Sita 6 Balon Udara Siap Terbang di Wonosobo, 2 Warga Ditahan

Antara · Selasa, 26 Mei 2020 - 09:21 WIB
Tim Gabungan Sita 6 Balon Udara Siap Terbang di Wonosobo, 2 Warga Ditahan
Tim Gabungan menyita balon udara siap terbang di Kecamatan Kalikajar, Wonosobo, Jawa Tengah. (Foto: Antara)

WONOSOBO, iNews.id - Teror balon udara belum berhenti. Tim gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan aparat Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah mengamankan enam balon udara milik warga setempat yang siap diterbangkan.

"Tim bisa mengeksekusi dan menggagalkan enam buah balon udara yang siap diterbangkan baik yang ditambatkan maupun yang akan dilepas oleh warga," kata Camat Kalikajar, Bambang Triyono di Wonosobo, Selasa (26/5/2020).

Bambang mengatakan, razia balon udara ini sudah berjalan selama dua hari. Pihaknya sengaja melibatkan aparat TNI dan Polri karena hendak menindak tegas warga yang masih membandel menerbangkan balon udara.

Menurutnya, tindakan ini bagian dari upaya preventif sebelum warga telanjur menerbangkan balon udara secara liar maupun yang ditambatkan dengan tali. Selain itu, razia ini juga untuk mencegah terjadinya kerumunan warga saat menerbangkan balon udara.

Dalam razia itu, selain menyita enam balon udara berukuran besar, tim gabungan juga menahan dua orang yang diketahui sebagai pembuat balon udara. Keduanya merupakan warga Desa Kembaran dan telah diamankan petugas kepolisian setempat.

Bambang menambahkan, selain razia balon udara, tim gabungan juga tetap menggencarkan pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan penyisiran tempat kolongan merpati yang masih aktif.

Untuk menghindari kerumunan, tim gabungan merobohkan kolongan merpati, hingga menyita sejumlah burung merpati dan melakukan pembinaan terhadap pelaku.

"Warga Kalikajar kami imbau tetap menjaga kesehatan dengan disiplin melakukan social distancing dan pembatasan pergerakan keluar atau masuk desa, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.


Editor : Reza Yunanto