TNI Keliling Kampung Awasi ODP Corona agar Tak Keluyuran

Catur Edi Purwanto ยท Kamis, 02 April 2020 - 14:39 WIB
TNI Keliling Kampung Awasi ODP Corona agar Tak Keluyuran
Tim Gugus Tugas Covid-19 Purbalingga mengelilingi kampung (Foto: iNews/Catur Edi Purwanto)

PURBALINGGA, iNews.id - Tim gugus tugas pencegahan virus corona atau Covid-19 Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah memantau ketat pemudik yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Dengan pengeras suara aparat TNI dan tim medis keliling ke sejumlah kampung.

Satu persatu rumah pemudik dan pendatang dari luar kota didata dan dicek langsung keberadaanya. Tak hanya memantau, petugas juga mengimbau warga agar ikut mengawasi pendatang untuk tidak beraktivitas keluar rumah.

"Saya mau mengecek bagaiaman ketataan serta kedisiplinan warga terhadap imbauan pemerintah. Kita cek langsung ke rumah-rumah ODP," ujar Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Purbalingga, Letkol Infanteri Yudhi Novrizal, Kamis (2/4/2020).

Dia menilai, sejumlah desa yang dipantau cukup disiplin. Karena beberapa rumah juga menempel aturan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk.

"Desa di sini sudah mandiri, karena sudah bisa mengisolasi sendiri," katanya.

Pemkab Purbalingga memberlakukan aturan tegas bagi pemudik yang beratatus ODP. Jika masih nekat keluyuran, akan dikenakan sanksi berupa denda sejumlah uang.


Editor : Nani Suherni