Tutupi Jalan, Puluhan Bangunan Liar Semarang Dibongkar

Taufik Budi ยท Rabu, 29 April 2020 - 16:43 WIB
Tutupi Jalan, Puluhan Bangunan Liar Semarang Dibongkar
Pembongkaran bangunan liar di sepanjang Jalan Dorang Kelurahan Purwosari Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. (Foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id - Puluhan bangunan liar di sepanjang Jalan Dorang Kelurahan Purwosari Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, dibongkar petugas pada Rabu (29/4/2020). Bangunan ini menghambat akses kendaraan.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan, lokasi pembongkaran itu tak jauh dari Gudang Petek dan Depo Lokomotif Semarang Poncol. Sedikitnya terdapat 22 bangunan yang dibongkar petugas gabungan dengan melibatkan polisi dan TNI.

“Terdiri atas bangunan permanen sejumlah sembilan petak eks Griya Karya Masinis, dua bangunan permanen warga yang sudah berakhir masa kontraknya dan 11 lainnya kategori bangunan liar,” kata Krisbiyantoro, Rabu (29/4/2020).

“Satu unit ekskavator digunakan untuk membantu percepatan proses perataan bangunan yang telah dirobohkan pada lahan yang akan digunakan sebagai akses jalan tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, pembongkaran bangunan itu guna mendukung perkembangan angkutan barang di wilayah Daop 4 Semarang. Di antaranya untuk perluasan akses jalan dan manuver menuju Gudang Petek sebagai tempat bongkar muat angkutan semen.

“Tentunya tidak hanya angkutan semen saja yang bisa diangkut, ada permintaan juga dari pengusaha angkutan air kemasan galon untuk bisa mengirim barangnya dengan kereta api,” ucapnya.

Dalam sehari kegiatan bongkar muat semen di Gudang Petek mencapai 30 gerbong datar atau setara 1.200 ton yang berasal dari Arjawinangun Cirebon dan Nambo Jakarta. Diharapkan dengan akses dan luasan yang memadai dapat menarik para pengusaha untuk berbisnis melalui angkutan kereta api.


Editor : Nani Suherni