UNS Dikukuhkan Jadi Anggota CAASTIA, Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

Ilma De Sabrini ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 13:15 WIB
UNS Dikukuhkan Jadi Anggota CAASTIA, Pertama dan Satu-satunya di Indonesia
Dosen Fakultas Pertanian (FP) UNS Dimas Rahadian Aji Muhammad. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.idUniversitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dikukuhkan sebagai anggota China-ASEAN Agricultural Science and Technology Innovation Alliance (CAASTIA). Penobatan ini disematkan pada 22 November 2019 silam di Guangxi, Tiongkok.

Dosen Fakultas Pertanian (FP) UNS Dimas Rahadian Aji Muhammad mengatakan, CAASTIA merupakan suatu organisasi yang menghimpun lembaga-lembaga penelitian, termasuk universitas, yang fokus pada penelitian dan pengembangan bidang pertanian.

Saat ini anggota resmi CAASTIA berjumlah 49 lembaga di ASEAN dan Tiongkok. Di mana UNS, satu-satunya lembaga di Indonesia yang secara resmi bergabung dalam organisasi tersebut.

Dikukuhkannya UNS sebagai anggota CAASTIA bertepatan dengan penyelenggaraan Seminar the 3rd China (Guangxi)-ASEAN Conference on Agricultural Science and Technology Cooperation di Beihai, Tiongkok.

"Konferensi yang pada tahun ini mengambil topik khusus ‘agro-food processing’ dihadiri 416 peserta yang terdiri atas akademisi dan peneliti dari berbagai negara. Termasuk Tiongkok, Singapura, Thailand, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Filipina, Laos, India, Australia dan Indonesia," ujar Dimas, yang mewakili UNS di ajang tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Dimas mempresentasikan hasil penelitian terbaru di bidang proses pengolahan pangan yang berbasis komoditas nasional dengan judul ‘degradation and improvement of health-promoting properties of cocoa-derived products during the manufacturing process’.

Sebelum bergabung sebagai anggota CAASTIA, UNS telah terlebih dahulu menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Tiongkok. Termasuk dengan Guangxi University yang ditandatangani Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho dan Rektor Guangxi University Yueyu Zhao pada September 2019 silam.

Kerja sama UNS dengan institusi-institusi di Tiongkok difokuskan pada kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian ke masyarakat. Termasuk di dalamnya pertukaran mahasiswa dan dosen serta kerja sama publikasi internasional.

"Bergabungnya UNS di CAASTIA diharapkan dapat memperluas kiprah UNS di tingkat internasional dan meningkatkan reputasi UNS menuju World Class University (WCU)," tuturnya.


Editor : Donald Karouw