Ustaz Wijayanto Bagikan Tips 5 M untuk Halau Covid-19

Agregasi Solopos ยท Senin, 21 September 2020 - 12:45 WIB
Ustaz Wijayanto Bagikan Tips 5 M untuk Halau Covid-19
Ustaz Wijayanto menyampaikan materi Keluarga Samara dalam pengajian virtual yang diikuti orang tua siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Minggu (20/9/2020). (Foto: Solopos-Tri Rahayu)

SRAGEN, iNews.id - Sebanyak 221 orang tua wali siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen mengikuti kajian virtual bersama penceramah kondang Ustaz Wijayanto, Minggu (20/9/2020). Dalam kajian tersebut, Ustaz Wijayanto berbagi tips menjaga diri dari Covid-19.

“Pengajian itu tidak boleh dihilangkan dalam situasi perang sekalipun. Dalam situasi perang saja tetap pengajian apalagi dalam wabah Covid-19, tentu tetap pengajian,” kata Ustaz Wijayanto saat pembukaan.

Dalam kesempatan itu, Wijayanto mengenalkan soal 5M untuk protokol kesehatan. Daftar 5 M tersebut yakni, mencuci tangan dengan cara berwudu, menjaga wudu, memakai masker yang bermakna menjaga mulut dari bicara tidak penting, menjaga jarak atau menjaga keselamatan satu sama lain, mengonsumsi makanan bergizi dan cukup olahraga dan memanjatkan doa.

“Semua hal itu kuncinya di M kelima, yakni memanjatkan doa,” ujarnya.

Wijayanto menyampaikan pendidikan itu penting karena seorang kaisar Jepang sebelum meninggal sempat menanyakan tiga hal, yakni berapa jumlah guru, berapa jumlah dokter, dan berapa jumlah hakim.

Ustaz menjelaskan guru berkaitan dengan pendidikan, dokter berkaitan dengan kesehatan, dan hakim itu berkaitan dengan hukum. Ketika daerah memperhatikan tiga hal itu, ujar dia, maka daerah itu akan kuat.

Artikel ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Ini Resep 5 M Ala Ustaz Wijayanto Untuk Halau Covid-19"


Editor : Nani Suherni