Viral, 3 Anjing Kelaparan Terjebak di Gudang Sitaan PN Karanganyar

Wahyu Endro ยท Selasa, 29 Januari 2019 - 18:22 WIB
Viral, 3 Anjing Kelaparan Terjebak di Gudang Sitaan PN Karanganyar
Astrid Tahapari, pecinta hewan, memberi makan kepada anjing yang terjebak di bangunan kosong yang telah disita Pengadilan Negeri Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: iNews/Wahyu Endro)

KARANGANYAR, iNews.id - Tiga ekor anjing mengalami nasib tragis, terjebak tanpa makan dalam tanah dan bangunan kosong yang telah disita Pengadilan Negeri Karanganyar, Jawa Tengah. Kisah menyedihkan ini viral setelah diunggah di media sosial. Para pecinta binatang pun tergerak untuk mengevakuasi, namun terkendala dengan gerbang yang terkunci.

Bangunan bekas gudang tersebut tepatnya berada di Jalan Amarta Nomor 230, Dusun Banaran, RT 1, RW 7, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di bagian depan bangunan terpasang tanda disita oleh Pengadilan Negeri Karanganyar, yang ditetapkan pada 10 Oktober 2018. Di dalamnya terdapat tiga anjing kampung yang terjebak, kelaparan tanpa makan.

Sejumlah pihak pun tergerak untuk mengevakuasi anjing malang tersebut, di antaranya dari Penampungan Anjing Omahsherlo Solo. Namun para pecinta binatang tersebut terkendala pintu bangunan yang terkunci. Mereka hanya bisa memberi makan anjing dari sela pintu gerbang. Diperkirakan, anjing tersebut terjebak di dalam bangunan sekitar dua minggu pascapenyitaan dari pengadilan.

Menurut salah satu pecinta anjing, Astrid Tahapari, awalnya mereka tahu dari media sosial dan teman komunitas. Selanjutnya mereka berusaha mengevakuasi, karena kondisi anjing tersbut dikhawatirkan semakin menyedihkan, terlebih ada satu anjing betina yang sedang hamil. Namun saat ini pihaknya hanya bisa memberi bantuan berupa makanan saja karena akses masuk terbatas.


“Sebelumnya dari komunitas Bandung, kami berusaha rescue (menolong) tapi terkunci. Ada beberapa warga yang kasih makan, tapi hanya bisa dari luar saja. Ada tiga anjing, dua besar satu kecil. Menurut warga, awalnya ada yang kasih makan namun setelah disita tidak ada lagi yang kasih makan,” kata Astrid, Selasa (29/1/2019).

Sementara itu, warga samping bangunan berharap anjing tersebut dapat segera dievakuasi karena mereka kasihan dan tiap malam sering menggonggong tidak jelas.

“Perkiraan sudah dua minggu, tidak hanya satu dua anjingnya. Di sini sebenarnya aman, namun anjing tersebut kalau malam sering menggonggong mengganggu lingkungan, saya berharap dapat dievakuasi,” ujar Suwono, warga sekitar.

Kondisi tiga anjing yang terjebak ini awalnya diketahui di-posting di media sosial oleh, akun Dilah Retno Handamari. Saat memberi makan anjing kelaparan tersebut dirinya merekam dan mengunggah ke media sosial agar ada pihak yang tergerak mengevakuasi.

Dalam video amatir terlihat satu anjing paling kecil dapat keluar menerobos celah pintu pagar saat diberi makan, sedang lainnya yang berukuran lebih besar tidak bisa keluar. Masyarakat dan pecinta hewan berharap anjing-anjing berjenis mongrel atau anjing kampung tersebut dapat dievakuasi dan berada di tangan yang tepat untuk dipelihara.


Editor : Himas Puspito Putra