Viral Mural 404 Not Found, Ini Harapan Pemural Nasional

Heri Purnomo ยท Minggu, 12 Desember 2021 - 09:26:00 WIB
Viral Mural 404 Not Found, Ini Harapan Pemural Nasional
Mural event tingkat nasional di Kampung Pelangi, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora digelar selama tiga hari, Jumat- Minggu (11-13/12/2021). (iNews/Heri Purnomo)

BLORA, iNews.id - Mural event tingkat nasional di Kampung Pelangi, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora digelar selama tiga hari, Jumat- Minggu (11-13/12/2021). Pemural nasional asal Karawang berharap, setelah viralnya mural 404 not found, pemerintah menggandeng dan memberi ruang para pemural di Indonesia.

Event bertemakan pesona destinasi wisata dan budaya lokal Blora digelar Pemerintah Desa Bangsri, Kecamatan Jepon ini untuk membangkitkan kembali destinasi desa wisata Kampung Pelangi yang pernah jaya di awal pandemi lalu.

Mural event nasional ini diikuti pemural dari berbagai kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Seperti Karawang Jawa Barat, Malang Jawa Timur, Bali, Ngawi Jawa Timur, Yogyakarta, Solo, eks Karesidenan Pati, Grobogan dan dari lokal Blora.

Uniknya, media mural di Kampung Pelangi ini menggunakan tembok atau rumah warga setempat. “Saya sangat senang bisa ikut lomba mural di Blora. Orangnya ramah dan baik,” kata Guaust, pemural asal Karawang, Sabtu (11/12/2021).

Dia berharap setelah viralnya mural 404 not found, pemerintah lebih menggandeng dan memberi ruang para pemural di Indonesia.

“Saya ikut mural di Kampung Pelangi, selain ingin mendapatkan hadiah juga ingin agar Kampung Pelangi lebih dikenal masyarakat luas,” ujar Ardiansyah, pemural cilik asal Batu Malang.

Sementara Kepala Desa Bangsri, Laga Kusuma mengatakan lomba mural yang bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Blora ke-272 bertujuan untuk membangkitkan kembali destinasi wisata Kampung Pelangi yang pernah jaya di awal Covid-19.

“Kampung Pelangi ini di awal pandemi Covid-19 pertama kali dibuat pernah viral,” katanya. Dia menyebutkan,  Omzet per bulannya mencapai Rp60 - 70 juta yang dikelola pemuda karang taruna dan Bumdes. “Namun karena pandemi kini tampak sepi,” ujarnya.

Dengan mural ini, kata dia, diharapkan destinasi wisata Kampung Pelangi ini bisa bangkit lagi agar bisa membantu perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: