Wali Kota Solo Keluarkan Imbauan Cegah Banjir

Antara ยท Senin, 30 Desember 2019 - 10:13 WIB
Wali Kota Solo Keluarkan Imbauan Cegah Banjir
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok iNews)

SOLO, iNews.id – Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengeluarkan sejumlah imbauan untuk mencegah banjir saat memasuki musim hujan. Imbauan itu berlaku untuk jajaran pemerintah daerah dan masyarakat Solo.

Menurutnya peran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan penting untuk mencegah sumbatan di saluran air. “Masyarakat harus ikut menjaga kebersihan saluran air dan sungai di wilayah masing-masing. Karena banjir biasaya terjadi karena adanya sumbatan di saluran dan sungai,” katanya, Senin (30/12/2019).

BACA JUGA: Suasana Mencekam saat Puting Beliung Rusak 5 Rumah di Kulonprogo

Sementara itu dia juga minta dinas terkait untuk rutin membersihkan saluran drainase dan sungai. Karena menurutnya pendangkalan sungai terjadi bukan karena manusia saja, tapi juga karena faktor alam seperti sedimentasi pasir.

“Jadi kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat penting untuk mencegah banjir. Kalau drainase sudah dibersihkan oleh dinas terkait tapi masyarakat tetap buang sampah sembarangan maka hasilnya tak akan maksimal,” ujarnya.

BACA JUGA: Doa saat Hujan Deras Disertai Petir dan Angin Kencang

Oleh karena itu dia mengusulkan agar masyarakat rutin melakukan pemeriksaaan terhadap saluran drainase dan sungai di wilayah masing-masing. Saat ini Pemerintah Kota Solo sudah bergerak untuk mengantisipasi datangnya musim hujan yang kadang diserta angin kencang.

Seperti melakukan pemangkasan terhadap dahan pohon yang dianggap rawan roboh. Sebelumnya angin kencang membuat pohon tumbang menimpa kendaraan, warung makan, musala, dan sebagian pagar Alun-Alun Surakarta.


Editor : Rizal Bomantama