Warung Sedekah Nasi di Pekalongan Beri Makan Gratis Warga Tak Mampu

Suryono Sukarno ยท Jumat, 04 Januari 2019 - 11:04 WIB
Warung Sedekah Nasi di Pekalongan Beri Makan Gratis Warga Tak Mampu
Sejumlah warga tak mampu menyantap hidangan Warung Nasi Sedekah di Pekalongan. (Foto: iNews/Suryono).

PEKALONGAN, iNews - Sekelompok ibu-ibu di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) mendirikan sebuah warung makan yang tujuan bukan untuk mencari keuntungan. Mereka justru membagi-bagikan makanan gratis kepada orang-orang miskin di pinggir jalan.

Koordinator, Heni mengatakan, aksi sosial ini dinamakan "Warung Sedekah Nasi" yang berjualan setiap hari Jumat di depan Alun-alun Kota Pekalongan.

"Kami menyediakan sekitar 400 sampai 500 porsi nasi, namun bisa tambah jika warga kurang mampu banyak yang datang," kata Heni saat diwawancarai iNews, Jumat (4/1/2018).

Warung ini, kata dia, bukan seperti warung makan biasa, namun tempat dagangan lesehan. Komunitas ibu-ibu ini menyajikan makanan lengkap dengan lauk pauk seperti prasmanan. Minuman pun mereka sediakan bagi pelanggan yang datang ke sana.

Bedanya, mereka yang makan hidangan ini gratis. Bukan cuma makan di tempat, Warung Sedekah Nasi juga menyiapkan bungkus nasi buat mereka yang memilih makananya dibawa pulang.

"Bagi kaum duafa atau warga tak mampu, bisa makan kenyang dan minum teh panas di tempat ini. Tapi, bisa juga dibawa pulang, dibungkus. Kami juga siapkan untuk dibagikan keliling," ujar Heni.

Lokasi warung ini menempati trotoar jalan di depan Masjid Jami kawasan Alun- alun Kota Pekalongan. Lapak yang sangat strategis karena cukup ramai lalu lalang kendaraan, sehingga sangat menarik perhatian bagi siapa saja yang melintas di sana.

Menurut Heni, sajian mereka bukan dikhususkan untuk warga kurang mampu saja, mereka yang mau datang untuk mencicipi hidangan Warung Nasi Sedekah, bisa mampir. Kalau merasa mampu dan mengantongi uang, mereka boleh membayar seikhlasnya atas makanan tersebut.

"Untuk belanja keperluan makanan, kami semua menyisihkan uang masing-masing, dan ada juga sumbangan dari donatur," kata Heni.

Pantauan iNews, sejumlah tukang becak, tukang dorong gerobak, penyapu jalan yang kebetulan melintas dan merasa lapar, tak ragu untuk mampir. Mereka merasa terbantu dengan hadirnya Warung Sedekah Nasi ini, karena tak perlu khawatir masalah uang.

"Alhamdulillah kami bisa sarapan dengan lauk, ada daging ayam juga telur dan bisa kenyang. Semoga sedekah seperti ini terus dilakukan, sehingga warga yang tidak mampu seperti kami ini bisa makan enak tanpa takut bayar mahal," ujar Maskuri yang juga berprofesi sebagai pemulung ini.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal