Waspada, Banjir Rob Ancam Wilayah Pesisir Selatan Pulau Jawa

Tim iNews.id ยท Senin, 17 Januari 2022 - 21:18:00 WIB
 Waspada, Banjir Rob Ancam Wilayah Pesisir Selatan Pulau Jawa
Banjir rob mengancap pesisir selatan Pulau Jawa. (Antara)

CILACAP, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan adanya potensi banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir selatan pulau Jawa. Peringatan tersebut terjadi akibat adanya fase bulan purnama pada tanggal 17-20 Januari 2022.

"Terkait dengan adanya fase bulan purnama, pada tanggal 17 Januari 2022 itu ada potensi kejadian pasang naik air laut atau banjir rob, maka itu kami teruskan ke masyarakat," kata analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendy Krisnawan dikutip dari iNewsPurwokerto.id, Senin (17/1/2022).

Berdasarkan keterangan yang dikeluarkan BMKG, fase bulan purnama yang terjadi pada tanggal 17 Januari 2022 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut yang lebih signifikan. Beberapa wilayah pesisir Indonesia dihimbau untuk waspada terhadap ketinggian pasang air laut maksimum yang menyebabkan terjadinya banjir pesisir.

Wilayah yang berpotensi mengalami banjir rob di selatan pulau Jawa diantara pesisir Selatan Sukabumi hingga pesisir Selatan Yogyakarta.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: