Waspada! Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi di Jawa Tengah hingga 12 November

Antara ยท Jumat, 11 November 2022 - 11:27:00 WIB
Waspada! Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi di Jawa Tengah hingga 12 November
Warga saat menyeberangi lokasi banjir yang merendam ratusan rumah di Kabupaten Cilacap. Foto: Heri Susanto.

CILACAP, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah hingga tanggal 12 November 2022. Ada beberapa faktor yang berpotensi memicu terjadinya cuaca ekstrem di Jateng.

"Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Ahmad Yani Semarang kemarin (10/11), hingga saat ini masih terdapat beberapa faktor yang berpotensi memicu terjadinya cuaca ekstrem di wilayah Jateng," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stamet Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo, Jumat (11/11/2022).

Menurut dia, beberapa faktor yang berpotensi memicu terjadinya cuaca ekstrem tersebut berupa adanya daerah belokan dan pertemuan angin di wilayah Jateng.

Selanjutnya, anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudra Hindia selatan Jawa memicu adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Selain itu, kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jateng

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: