Jenazah ABK korban kapal tenggelam di perairan Karimunjawa saat tiba di Kabupaten Batang, Selasa (23/8/2022). Foto: Ist.
Suryono Sukarno

BATANG, iNews.id - Sebanyak 14 anak buah kapal (ABK) yang mengalami kecelakaan kapal tenggelam di perairan Karimunjawa dipulangkan ke Kabupaten Batang, Selasa (23/8/2022) siang. Sebanyak delapan orang dalam kondisi selamat, dan lima orang lainnya dalam kondisi meninggal dunia. 

Jenazah lima ABK yang meninggal dunia tiba di kamar jenazah RSUD Kalisari Batang. Para korban yakni Daroni (30), Waras Robi (28), Ahmad Muslih (27), Agus Prayitno (32) dan Tauhid (31). Mereka meninggal dunia diduga akibat tenggelam karena tidak bisa berenang. 

Sementara, delapan ABK yang yang berhasil diselamatkan mendapat perawatan medis di ruang instalasi gawat darurat (IGD). Mereka yakni Slamet Sutoyo, Slamet Wibowo, Iqba, Diki Samsul Prasetyo, Iman Kodi, Quroji, Egar dan Roji. 

Para korban merupakan ABK KMN Prima United yang mengalami musibah tenggelam di perairan Karimunjawa Senin (22/8/2022) pagi. Musibah terjadi sehari setelah kapal berlayar sejak hari minggu (21/8/2022). 

“Kecelakaan terjadi saat ABK tengah menabur jaring dan tiba-tiba ombak besar menghantam. Hantaman ombak mengakibatkan kapal langsung terguling dan tenggelam,” kata ABK selamat, Imam. 

Pascakejadian, ada kapal nelayan lainnya yang berlayar di dekat lokasi. Para korban selanjutnya dievakuasi setelah sekitar tiga jam terapung di perairan. 

Korban selamat saat ini tengah mendapat perawatan medis di RSUD Kalisari Batang. Sedangkan korban meninggal dunia selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. 

“Sementara, ada satu ABK atas nama Eka Yulianto (27) hingga kini masih dalam pencarian,” kata Kasat Polairud Polres Batang, AKP Sukamto. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT