Pendaki menikmati suasana di Gunung Prau. (foto IG @prau_mountain)
Reza Rizki Saputra

JAKARTA, iNews.id - Gunung Prau berada di empat kabupaten di Jawa Tengah ini merupakan salah satu gunung yang cocok untuk yang baru melakukan pendakian. Lalu, apa alasan Gunung Prau cocok untuk pendaki pemula?

Kebanyakan pendaki mengatakan bahwa pemandangan matahari terbit di Gunung Prau merupakan yang terbaik se-Asia Tenggara dan berhasil membuat siapa pun rindu. 

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng dan merupakan tepi batas antara empat kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo. Ketinggian Gunung Prau mencapai 2.565 mdpl sehingga termasuk gunung yang ramah untuk pendaki pemula. 

Berikut 5 alasan Gunung Prau cocok untuk pendaki pemula : 

1. Lintasan Pendakian yang Landai 

Lintasan pendakian Gunung Prau memiliki kontur tanah yang landai.  Karena itu, Gunung Prau cocok untuk para pendaki pemula. Sebagai perbandingannya, jika kalian pernah mendaki Gunung Gede Ponorogo melalui jalur Cibodas, maka lintasan daki Gunung Prau kurang lebih sama. Namun bisa dikatakan dua kali lebih ringan dibandingkan dengan lintasan Gunung Gede Ponorogo via jalur Cibodas. 

2. Dekat dengan Puncak 

Lintasan pendakian Gunung Prau via Patak Banteng memiliki rute yang cukup dekat dengan puncak. Oleh karena itu, banyak pendaki yang menyukainya. Lintasan pendakian Gunung Prau via Patak Banteng memiliki jarak sekitar 4 kilometer.

3. Lama Pendakian Gunung Prau Kurang dari 5 Jam

Lama pendakian Gunung Prau dari basecamp hingga puncak menghabiskan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Estimasi waktu ini dapat berbeda-beda tergantung dari panjang lintasan serta kemampuan fisik dari pendaki itu sendiri. 

Kebanyakan pendaki memiliki kemampuan mendaki yang berbeda-beda, ada yang dapat mendaki dengan cepat, ada pula yang mendaki dengan perlahan. Selain itu, seberapa sering pendaki beristirahat serta seberapa lama pendaki beristirahat menjadi faktor yang patut dipertimbangkan. 

4. Fasilitas Penunjang Pendakian Lengkap

Fasilitas penunjang pendakian di basecamp Gunung Prau sangat lengkap. Selain toilet dan kamar mandi yang representatif, tersedia pula tempat parkir, warung makan, toko suvenir, hingga supermarket. 

Tak hanya itu, terdapat fasilitas ojek di salah satu basecamp menuju pos 1 bagi para pendaki yang memulai pendakiannya via Wates. Dengan fasilitas ini, para pendaki dapat menghemat waktu serta tenaga. 

5. Pemandangan Alam yang Indah 

Salah satu yang menjadi alasan Gunung Prau cocok untuk pendaki pemula adalah pemandangan alamnya yang cukup indah. 

Gunung Prau menawarkan banyak sekali pemandangan yang cukup indah sehingga para pendaki akan lupa dengan rasa lelahnya selama mendaki. 

Jika pendaki memulai pendakian via Wates, maka pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan hutan cemara dan hutan rimba. 

Kemudian jika pendaki memulai pendakian via dusun di Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Temanggung, maka pendaki akan melihat pemandangan air terjun. 

Tak hanya itu, lintasan pendakian via Igirmranak menawarkan beberapa terowongan semak yang unik. 

Apabila  tiba di Sudung Kemin, ada beberapa terowongan semak yang berukuran cukup Panjang. Apabila pendakian dilakukan pada sore hari maka pendaki akan disuguhkan pemandangan matahari terbenam di Bukit Cendani. .

Jika pendakian dilakukan pada siang hari, maka pendaki akan melihat pemandangan puncak bukit area sabana, sebelah utara tempat kemah.

Itu dia 5 alasan Gunung Prau cocok untuk pendaki pemula. Pada dasarnya mendaki gunung mana pun tidaklah mudah, melainkan membutuhkan kemampuan fisik yang mumpuni sehingga kita dapat menaklukkan lintasan gunung dengan selamat. Salam Lestari!


Editor : Ahmad Antoni