Salah satu kegiatan di kawasan Pasar Gede Solo. Solo merupakan salah satu kota di Indonesia dengan biaya murah. (foto Ahmad Antoni)
Ikhsan Permana SP

JAKARTA, iNews.id – Apabila Anda ingin hidup dengan biaya murah, maka setidaknya ada 7 kota yang dapat menjadi rekomendasi. Kota-kota dengan biaya murah ini tidak lah masuk dalam kota pinggiran banget. 

Pasalnya, ada kota dengan biaya murah, tetapi merupakan ibu kota provinsi. Di Indonesia setiap wilayah mempunyai standar biaya hidup yang berbeda-beda. Biaya hidup tentunya akan sangat berpengaruh kepada kesejahteraan warga di daerah tersebut.  

Kian tinggi biaya hidup maka pengeluaran akan semakin besar. Oleh karenanya tinggi rendah biaya hidup bisa mempengaruhi pemenuhan kebutuhan primer maupun sekunder. 

Berikut kota-kota yang memiliki biaya hidup paling rendah yang dirangkum tim iNews.id :  

1. Solo 
Kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia berikutnya merupakan wilayah di Jateng yakni Kota Solo. Upah Minimum Kota (UMK) di Solo tahun 2022 adalah sebesar Rp2.035.720. Tak heran jika biaya hidup di kota ini sangat terjangkau. Seperti halnya Yogyakarta, Solo juga memiliki universitas yang menjadi tujuan para pelajar dalam melanjutkan pendidikan

Oleh karena itu, biaya hidup di Solo bisa dikatakan terjangkau bagi kantong pelajar. Hanya dengan Rp5.000, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi makanan di warung makan. Biaya transportasi umumnya pun relatif terjangkau yakni berkisar Rp3.000 sampai Rp15.000 saja. 

2. Yogyakarta 
Sebagai ibu kota Provinsi DIY, Yogyakarta atau dikenal sebagai Kota Jogja, masih tetap miring ongkos hidupnya. Sebab, Kota Jogja merupakan kota pelajar dan menjadi salah satu ingin menuntut ilmu. 

Itulah mengapa Yogyakarta terkenal murah. Harga kos-kosan di Yogyakarta masih relatif murah yakni sebesar Rp300.000 per bulan. Biaya kos murah, biaya makan di sana pun sangat terjangkau. Anda bahkan bisa membeli satu porsi makanan di warung makan hanya dengan Rp5.000 saja.

3. Sibolga 
Sibolga merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara dengan pemandangan yang sangat indah karena memiliki berbagai pantai dan pegunungan.  Bukan hanya kotanya indah, tetapi Sibolga juga menawarkan biaya hidup yang sangat murah. Anda bisa tinggal di kota ini dengan biaya hidup berkisar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta per bulan. Biaya ini sudah mencakup biaya kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, dan tempat tinggal.  

4. Metro 
Kota Metro adalah salah satu kota yang cukup besar di Provinsi Lampung. Meski masuk dalam kategori kota besar, namun biaya sehari-hari untuk kebutuhan di sana relatif murah.  Jika dihitung-hitung, biaya hidup per bulan di Metro kurang lebih sebesar Rp3 juta. 

Biaya hidup ini sudah meliputi biaya makan, tempat tinggal, transportasi, dan biaya lain-lain.  Untuk harga sewa kamar di Metro pada umumnya sekitar Rp4 juta per tahun atau sebesar Rp350.000 per bulan. Sementara itu, biaya makan per bulan bisa menghabiskan uang berkisar Rp600.000 sampai Rp800.000 per bulan. 

5. Purwokerto 
Kota Purwokerto merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas. Kota ini menjadi kota dengan dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Kota ini masuk wilayah Jawa Tengah. Tak hanya asri, kota dengan julukan Kota Satria ini juga menawarkan biaya hidup yang murah. 

Biaya makan di Purwokerto masih berkisar Rp7.000 sampai Rp15.000 untuk satu kali makan di warung makan seperti warteg. Jika dihitung-hitung, total biaya hidup di Purwokerto adalah sebesar Rp2 juta per bulan. Bahkan, di pinggiran kota, kalian masih bisa hidup dengan biaya Rp1 juta per bulan. 

6. Banyuwangi 
Banyuwangi adalah kota yang berada di Jawa Timur. Bukan hanya menawarkan destinasi wisata yang cantik, Banyuwangi juga menjadi salah satu kota dengan biaya hidup yang murah. Menurut hasil laporan survei Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia.  

Tak butuh banyak biaya, Anda bisa hidup di sana hanya dengan Rp3,3 juta saja per bulan. Biaya ini sudah termasuk biaya bersama anggota keluarga sebanyak empat orang.  Namun, jika Anda masih sendiri, biaya hidup yang dibutuhkan hanya sekitar Rp1 juta sampai dengan Rp1,5 juta per bulan. Bahkan, bisa saja lebih rendah yakni sekitar Rp800.000 per bulan. 

7. Cirebon 
Cirebon juga merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki biaya hidup murah. Harga kebutuhan pokok seperti makanan, kebutuhan rumah, tempat tinggal, hingga transportasi di Cirebon relatif terjangkau.  Untuk hidup di kota ini, Anda hanya perlu mengalokasikan budget berkisar Rp1,5 juta sampai Rp2 juta per bulan jika masih sendiri. 

Jika sudah berkeluarga,  Anda bisa menyesuaikan kebutuhannya dengan jumlah anggota keluarga.  Itulah beberapa kota dengan biaya hidup yang ramah di kantong tetapi besaran biaya hidup ini merupakan nominal rata-rata masyarakat di sana. Besaran ini tidak bersifat mutlak karena yang menentukan tinggi rendahnya biaya hidup adalah gaya hidup masing-masing individu.


Editor : Ahmad Antoni