Objek wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri dapat dijadikan alternatif untuk liburan. (Foto: wonosobokab.go.id).
Azizah Refifa Aqsha

WONOSOBO, iNews.id - Objek wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri dapat dijadikan alternatif untuk liburan. Sensasi luar biasa dengan biaya murah akan terasa saat berlibur di objek wisata tersebut.

Indonesia dikenal dengan keindahan pariwisatanya. Tidak hanya wisata alamnya, namun objek wisata buatan juga tidak kalah menarik dan indah dengan objek wisata di luar negeri. 

Berikut deretan objek wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri: 

1. The Great Asia Afrika Lembang

Berkunjung ke objek wisata ini akan diajak berkeliling di berbagai negara-negara di dunia karena terdapat berbagai replika monumen yang menjadi ikonik dari beberapa negara Asia-Afrika.

Sembari menikmati bangunan-bangunan yang indah, pengunjung juga dapat melakukan swafoto dengan menyewa pakaian tradisional dari berbagai negara.

Monumen-monumen yang dapat ditemui, yaitu area Indonesia, Jepang, Korea, India, Timur Tengah, Afrika hingga Thailand. The Great Asia Afrika Lembang terletak di Jalan Raya Lembang-Bandung Nomor 71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

2. Brown Canyon Semarang

Brown Canyon semarang terbentuk karena bekas galian pertambangan yang sekarang sudah berubah menjadi objek wisata merupai Grand Canyon di Amerika Serikat (AS).

Tak jauh berbeda dengan bentuk aslinya Brown Canyon Semarang juga berbentuk tebing curam yang sangat indah dan cocok dijadikan latar untuk mengabadikan momen berharga.

Destinasi wisata ini berlokasi di Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Untuk menikmati pemandangan yang indah ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk karcis masuk lokasi wisata.

3. Kebun Raya Cibodas

Keindahan bunga sakura menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk berkunjung ke Jepang. Tentunya, hal itu memerlukan biaya yang cukup menguras kantong jika harus mengunjungi negara tersebut.

Namun, sekarang  tidak perlu jauh-jauh ke Jepang jika ingin menyaksikan bunga sakura secara langsung. Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas terdapat ratusan bunga sakura dengan berbagai jenis yang akan mekar pada Januari hingga Maret.

4. Kawah Putih, Bandung

Berlokasi di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Kawah Putih Bandung terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. 

Kawah Putih sering disebut mirip dengan Danau Rotorua di Selandia Baru. Kemiripan ini karena Kawah putih memiliki tanah yang berwarna putih dan air berwarna putih kehijauan akibat campuran dari belerang.

5. Telaga Warna, Dieng

Provinsi Jawa Tengah terdapat Objek Wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri, yaitu Telaga Warna Dieng yang menyerupai Danau Plitvice di Kroasia. Tepatnya, di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. 

Telaga Warna Dieng memiliki keunikan, yaitu airnya yang bisa berubah warna. Terkadang telaga ini berwarna kuning, hijau bahkan berwarna-warni seperti pelangi. 

Keunikan ini merupakan fenomena alam yang disebabkan karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat matahari mengenai air telaga maka airnya akan tampak berwarna-warni.

Untuk berkunjung ke Telaga Warna, pengunjung hanya perlu membeli tiket seharga Rp12.500 pada hari biasa dan Rp15.000 saat weekend, untuk bisa melihat keindahan Telaga Warna dan beberapa Goa yang ada di sekitar Telaga Warna.

6. Janjang Koto Gadang

Objek wisata di China memang identik dengan Great Wall of China karena bentuknya yang sangat unik dan memesona. Sehingga Great Wall of China ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sekaligus tujuh keajaiban dunia.

Namun, sekarang tidak perlu jauh-jauh ke China untuk menyaksikan Great Wall. Terletak di kawasan Ngarai Sianok, Bukittinggi ada objek wisata Janjang Koto Gadang yang menyerupai Tembok Besar China. 

Janjang Koto Gadang memiliki panjang  1,5 kilometer dan untuk mencapai puncak Janjang Koto Gadang pengunjung harus menaiki ribuan anak tangga. 

Namun rasa lelah selama di perjalanan akan terbayarkan ketika sampai di puncak. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang sekelilingnya pegunungan hijau dan pengunjung juga dapat menyaksikan Ngarai Sianok dari kejauhan.

7. Pantai Ora

Ingin menginap di resort atas laut dan menikmati pasir putih di Pantai Maldives yang begitu mendunia? Tidak perlu jauh-jauh ke Maldives Indonesia juga memiliki pantai yang tak kalah cantiknya. 

Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, kabupaten Maluku Tengah. Jika ingin menikmati keindahan pantai dengan privasi yang terjaga, pantai ini dapat dijadikan pilihan. 

Untuk menuju ke pantai ini pengunjung perlu menyebrang menuju Maluku tengah, Pulau Seram dengan menggunakan kapal cepat sekitar 2 jam perjalanan. 

Kemudian, dilanjutkan dengan perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor yang memakan waktu hingga 3-4 jam perjalanan untuk mencapai Desa Saleman di Seram utara. Setelah sampai di desa tersebut, dilanjut dengan menggunakan kapal nelayan selama kurang lebih 15 menit perjalanan untuk sampai di Pantai Ora.

8. Pantai Pink

Objek wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri selanjutnya yaitu Pantai Pink di Lombok yang menyerupai Pink Sands Beach di Bahama. Pantai Pink merupakan salah satu wisata yang populer di Lombok. Tak heran, keindahan pasirnya yang berwarna pink akan memukau siapa saja yang melihatnya.

Airnya yang berwarna biru jernih menambah keindahan dari pantai ini. Jadi pantai ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin mengabadikan momen spesialnya atau hanya sekedar berswafoto dengan latar pantai yang instagramable.

Itulah 8 objek wisata Indonesia yang mirip dengan luar negeri yang bisa dikunjungi. Kekayaan alam Indonesia memang tidak pernah habisnya dan tidak kalah mempesona dengan objek wisata di luar negeri.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT