Calon jemaah haji saat mengikuti bimbingan jemaah haji reguler di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Kota Salatiga, Jumat (27/5/2022). Foto: Ist.
Angga Rosa

SALATIGA, iNews.id – Sebanyak 89 orang jemaah calon haji dari Kota Salatiga siap berangkat ke Tanah Suci. Mereka saat ini sedang mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah.

Kepala Kementerian Agama Kota Salatiga, Taufiqurokhman menjelaskan, jamaah calon haji dari Salatiga akan diberangkatkan ke Tanah Suci dalam satu kloter, yakni kloter 37. Mereka akan berangkat pada 28 Juni 2022.

"Sebanyak 89 calon haji dari Salatiga terdiri dari 50 orang wanita dan 39 orang laki-laki," katanya, Jumat (27/5/2022).

Menurutnya, ada satu jemaah calon haji meminta penundaan pemberangkatan haji. Alasannya ingin berangkat ke Tanah Suci bersama dengan mahramnya.

“Walaupun ada yang kosong satu akibat ditunda, tetapi ada satu mutasi masuk dari Kabupaten Semarang jadi jumlahnya tetap 89 orang,” ujarnya.

Terkait bimbingan manasik calon haji di Kota Salatiga, kata dia, akan dipusatkan di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah. 

“Kami memberikan beberapa materi yaitu kebijakan penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri maupun saat di Arab Saudi, bimbingan manasik haji, pengenalan budaya arab dan yang terakhir praktik manasik haji,” katanya. 

Calon haji asal Kecamata Sidorejo, Barokah mengatakan, setelah menunggu antrean pemberangkatan haji selama sepuluh tahun, akhirnya bisa menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Untuk itu, sebelum pemberangkatan haji dia selalu menjaga kesehatan.

“Menjaga kesehatan terutama fisik sangat penting apalagi cuaca di Salatiga dengan Arab Saudi berbeda. Kita juga harus mempersiapkan mental," ucapnya. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT