Salah satu bangunan di Kabupaten Tegal yang rusak akibat diterjang angin kencang. Foto: iNews/Yunibar.
Yunibar

TEGAL, iNews.id – Bencana angin kencang melanda dua desa di Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal. Bencana angin membuat ratusan rumah rusak ringan hingga berat, termasuk pasar dan sekolah. 

Bencana angin kencang disertai hujan deras terjadi Selasa (13/9/2022) sore kemarin. Akibat terjangan angin, bangunan yang rusak rata-rata di bagian atap. Atap asbes, genteng, serta seng porak poranda dihempas angin. 

“Angin kencang tiba-tiba datang berputar putar dari arah timur menuju selatan. Warga sempat panik kemudian berlindung untuk menyelamatkan diri,” kata salah satu warga, Aan Tariyana, Rabu (14/9/2022). 

Pasca-kejadian, warga merapikan puing-puing bangunan dan pepohonan yang rusak. Angin kencang juga merobohkan tempat parkir sekolah hingga rata dengan tanah. 

“Untungnya sejumlah siswa yang berteduh selamat dan hanya mengalami luka ringan,” kata salah satu warga Desa Pagerbarang, Sukrim. 

Angin kencang juga merobohkan pasar yang baru saja dibangun hingga rata dengan tanah. Beruntung tidak ada korban jiwa karena bangunan belum ditempati. Sebuah minimarket juga rusak bagian atapnya. 

Tercatat ada dua desa yang terdampak bencana, yakni Jatiwangi dan Pagerbarang. Jumlah rumah dan bangunan yang mengalami kerusakan saat ini masih terus didata. 

Sejauh ini, terdapat 147 rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang, serta delapan bangunan rusak berat. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT