Kebakaran terjadi di Pekalongan, Jawa Tengah. Api membakar ludes dua rumah dan satu kios (Aryanto/MNC Portal)
Aryanto

PEKALONGAN, iNews.id - Kebakaran terjadi di Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng). Api membakar ludes dua rumah dan satu kios di wilayah itu.

Peristiwa kebakaran ini terjadi di Dukuh Gantungan lor RT 03 RW 16 Desa Kalijambe, Kecamatan Sragi, Pekalongan, Jumat (26/10/2022) sekira pukul 14.30 WIB.

"Kebakaran diduga disebabkan dari api kompor yang menyambar jerigen berisi bensin," kata Staf Damkar Kabupaten Pekalongan Musholikhin.

Dari laporan BPBD Pekalongan, kebakaran menimpa dua bangunan milik warga, yang pertama rumah tinggal dan toko atas nama Khotijah (70), warga Dukuh Gantungan lor RT. 03 RW. 16, Desa Kalijambe  Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan. 

Kemudian yang kedua, rumah  tinggal dan tempat produksi usaha konveksi, atas nama Mugiono (40), yang merupakan warga dengan alamat yang sama.

Kronologis musibah kebakaran bermula pada Jumat, (25/11/2022) sekira pukul 14.30 WIB, awalnya Pak A sedang memindahkan BBM dari mobil Kijangnya ke jerigen, tetapi tidak sadar dekat dengan kompor yang pada saat itu Ibu S sedang memasak.

"Sehingga api langsung menyambar jerigen dan sempat terdengar ledakan dua kali. Akibatnya suami istri Pak A dan Ibu S mengalami luka-luka," katanya. 

Satgas PB BPBD Kabupaten Pekalongan yang menerima laporan dari Petugas Damkar bahwa telah terjadi kebakaran rumah di daerah Kalijambe, Kecamatan Sragi, langsung mengirimkan Satgas PB BPBD untuk menuju ke lokasi. 

Sebanyak tiga unit pemadam kebakaran dari Kota dan Kabupaten Pekalongan diterjunkan ke lokasi guna melakukan pemadaman api sampai pendinginan dan dipastikan aman. 

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun korban luka yakni dua orang suami istri atas nama Bapak Agus  Sumaryo (47) dan Ibu Suhaemi (45), saat ini korban dibawa ke Puskesmas Sragi II. 

Sementara kerugian materil dalam kebakaran tersebut diantaranya dua unit rumah dan satu kios, satu mobil Kijang serta dua unit sepeda motor.

"Anak korban yang baru pulang kerja melihat rumah hangus kebakar menangis hesteris dan keluarga korban tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga," katanya.

Tim gabungan dari Damkar dan  BPBD dibantu oleh masyarakat telah berhasil melakukan pemadaman kebakaran.

"Satu rumah kebakar habis milik Agus dan satu rumah sebagian ikut kebakar, ada tiga pemadam kebakaran dikerahkan untuk membantu memadamkan api," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT