Ribuan penonton laga Arema FC vs Persebaya Surabaya berhamburan mencari jalan keluar stadion untuk menghindari perihnya gas air mata. (Foto: Avirista Midaada).
Fitradian Dhimas Kurniawan

MALANG, iNews.id – Kompetisi Liga 1 Indonesia 2022/2023 dihentikan sementara selama satu pekan. Hal itu menyusul kerusuhan pada laga antara Arema FC dengan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam. 

Singo Edan-julukan suporter Arema FC menelan kekalahan dari Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. Aremania kecewa berat akibat kekalahan tersebut.

Akibatnya, Aremania terlibat gesekan dengan pihak kepolisian setempat. Dalam laporan tim MNC Portal Indonesia yang berada di Stadion Kanjuruhan, terlihat sejumlah ambulans hilir mudik mengangkut para korban yang jumlah ada puluhan orang.

Tampak pada pantauan di lapangan, ada sejumlah korban yang dipastikan meninggal dunia. Jumlah korban meninggal dunia dan terluka hingga ini masih belum ada kepastian.

Kini, pihak operator liga, PT. Liga Baru Indonesia (LIB), langsung mengambil tindakan. Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, memastikan jika kompetisi resmi dihentikan. 

“Kami prihatin dan sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Kami ikut berduka cita dan semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua,” kata Akhmad Hadian Lukita.

“Keputusan menghentikan kompetisi kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semuanya dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI,” ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT