Bupati Kendal Dico M. Ganinduto saat bertemu tim MNC Portal di Gedung iNews Tower, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022). (Foto: Kurnia Illahi).
Kurnia Illahi

JAKARTA, iNews.id - Pantai Indah Kemangi terletak di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng). Sebelumnya tempat tersebut terkenal angker.

Dahulu tempatnya sepi dari pengunjung. Banyak cerita mistis membuat orang enggan datang ke tempat tersebut. Masyarakat sekitar banyak yang percaya ada perkampungan gaib ketika akan menuju pantai tersebut.

Selain itu, lokasinya juga berdekatan dengan makam Kemangi yang terkenal akan cerita mistisnya.

Namun, suasana tersebut kini telah berubah total. Pantai Indah Kemangi telah disulap menjadi tempat wisata yang indah dan cocok untuk menghabiskan waktu liburan.

Upaya mengubah Pantai Indah Kemangi menjadi tempat wisata menarik berawal dari keseriusan Bupati Kendal Dico M. Ganinduto. Meski terkenal dengan suasana angker dan cerita mistis, dia melihat ada potensi wisata luar biasa di Pantai Indah Kemangi.

Dia kemudian mendatangi lokasi tersebut dan bertemu dengan kepala desa setempat. 

"Saya pernah datang ke sana sama kepala desanya. Saat itu saya tanya, serius enggak mau membangun ini (wisata Pantai Indah Kemangi). Dia kemudian bilang serius dan saya katakan kalau serius saya bantu," ujar Dico saat bertemu jajaran tim MNC Portal di Gedung iNews Tower, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022).

Dia menuturkan, upaya yang dilakukan sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal untuk memajukan potensi daerah, salah satunya sektor pariwisata.

Apalagi, kata dia Pantai Indah Kemangi memiliki potensi besar untuk pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat. Kini kawasan wisata itu telah dilengkapi sarana dan prasarana pendukung, seperti masjid, listrik dan gapura di pintu masuk. 

"Sekarang 150 juta dalam waktu enam bulan pendapatannya. Dulu dikenal angker. Bismillah, saja saya datang ke sana, sekarang sudah ramai," tuturnya. 

Menurutnya, lokasi wisata tersebut dikelola oleh Pemerintah Desa Jungsemi. Kebijakan pemerintah desa, lanjut dia memprioritaskan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk warganya di kawasan wisata Pantai Indah Kemangi.

"Yang jualan di sana digratisin sama kepala desa di sana dan hanya warga sana yang boleh berdagang," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT