Sagita Putri Krisdewanti memperlihatkan medali yang diraihnya di PON Papua. (iNews/Taufik Budi)
Taufik Budi

SEMARANG, iNews.id  - Sagita Putri Krisdewanti berulangkali mengucap syukur. Suaranya bergetar ketika menyampaikan terima kasih, sembari memegang erat empat medali yang diraihnya di PON XX Papua 2021.

Gelaran olahraga bergengsi tingkat nasional itu telah usai sebulan lalu. Namun, ingatannya kembali mengembara ketika satu per satu medali yang diraihnya membutuhkan perjuangan sangat keras. 

Sagita merupakan atlet renang yang memenangi empat kategori. Dia mendapatkan dua medali perak untuk kategori 4 x 100 meter estafet gaya bebas putri dan 4 x 200 meter estafet gaya bebas putri. Sementara dua medali perunggu untuk kategori 50 meter gaya bebas putri dan 100 meter gaya bebas putri.

"Kita latihan seminggu bisa sampai 10 kali untuk latihan renang. Setiap sesi latihan bisa 2 jam, untuk latihan fisik seminggu bisa tiga kali. Jadi sehari bisa 4-5 jam kita menghabiskan waktu latihan," kata Sagita yang tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Hukum Unisbank Semarang, Rabu (10/11/2021).

Gadis manis asal Purbalingga Jawa Tengah itu mengaku sudah melakukan persiapan matang sebelum berlaga ke Bumi Cenderawasih. Kurang lebih enam bulan fisik dan mentalnya ditempa untuk memperkuat kontingen Jawa Tengah.

"Untuk persiapan kita selama enam bulan dan untuk training camp kita ada di Boyolali. Untuk dua bulan sebelumnya kita latihan di Semarang," ujarnya.

Sagita bersama dua mahasiswa lain yakni Alfy Syfa Nila Muna mahasiswa Jurusan Manajemen dan Dikta Riana Wahyu Pertiwi dari Teknik Informatika cabang olahraga Kickboxing, mendapatkan penghargaan dari Kampus Unisbank. Alfy meraih medali emas mendapatkan Rp5 juta dan Dikta yang meraih medali perunggu memperoleh penghargaan Rp3 juta.

Sementara Sagita yang mendapatkan empat medali yakni dua medali perak dan dua medali perunggu mendapatkan penghargaan Rp14 juta. Sagita yang menyukai olahraga renang sejak SMP, mengaku sangat bersyukur atas apresiasi dari kampus. 


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT