Sejumlah wisatawan saat mengunjungi dataran tinggi Dieng. (Elis Novit)
Elis Novit

BANJARNEGARA, iNews.id - Fenomena embun es atau embun beku di dataran tinggi Dieng Banjarnegara, menarik dan menjadi pemandangan yang langka bagi wisatawan. Pasalnya tidak setiap saat muncul meski di musim kemarau.

Wisatawan  yang telah menanti puluhan tahun untuk dapat melihat embun es atau yang dikenal dengan sebutan embun pas langsung di dataran tinggi Dieng merasa takjub dan heran. Kemunculan embun es bisa dilihat melalui aplikasi pengukur suhu Dieng.

Adalah Busen (55) , wisatawan asal Jakarta ini mengaku sudah menanti selama 30 tahun hanya ingin menyaksikan fenomena langka yang terjadi di dataran tinggi Dieng saat musim dingin atau musim kemarau tiba.

Penantian yang panjang ini akhirnya terbayarkan pada saat ia dan keluarga datang kembali dan menginap di kawasan wisata Dieng.

“Embun es yang biasanya terjadi antara bulan Juni hingga September dan hanya muncul di kompleks wisata Candi Arjuna dapat saya saksikan dan abadikan secara langsung,” katanya, Jumat (1/7/2022).

“Saya sangat takjub, karena fenomena embun es dan suhu yang bisa mencapai minus 1 derajat celsius hanya dapat ditemukan di dataran tinggi Dieng dan tidak perlu jauh -jauh harus ke Eropa hanya untuk melihat es,” kata Busen.

Sementara itu, karena embun es tidak setiap  saat muncul di Dieng,  sebaiknya jika para wisatawan yang ingin berkunjung ke Dieng untuk mengecek kondisi suhu melalui beberapa aplikasi penunjuk cuaca melalui handphone, sehingga bisa datang dan bisa menikmati langsung fenomena unik kemunculan embun es Dieng.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT