Komisi X DPR meminta PSSI serius melakukan penyelidikan adanya dugaan isu suap hingga pengaturan skor di dunia sepak bola Indonesia.(Foto: Ist)
Feldy Utama

JAKARTA, iNews.id - Anggota Komisi X DPR meminta PSSI serius melakukan penyelidikan adanya dugaan isu suap hingga pengaturan skor di dunia sepak bola Indonesia. PSSI harus bertanggung jawab atas merebaknya kasus tersebut.

"Tahap pertama tentu, organisasi cabang olahraganya (PSSI) punya tanggung jawab untuk mengecek, melakukan penyelidikan. Penyelidikannya harus benar," kata anggota Komisi X DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ledia Hanifa saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (7/12/2021).

Tak cukup sampai di PSSI saja, dia juga meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai yang mewakili pemerintah benar-benar memiliki komitmen untuk memperbaiki atas dugaan isu yang berpotensi mencorengkan nama baik dunia sepakbola tanah air. 

Ledia juga mendukung upaya membawa ke proses hukum jika dalam penyelidikannya benar ditemukan dugaan-dugaan tersebut. "Kalo yang menjadi domain hukum, itu diserahkan ke proses hukum gitu," ujarnya.

Pihaknya tak ingin ajang olahraga ini justru dijadikan sebagai sarana perjudian. Menurutnya, hal ini bisa terantisipasi jika semua pihak yang berada di dalam lingkup dunia sepakbola Indonesia ini memiliki komitmen yang sama untuk menjunjung sportivitas.

"Jadi memang PR besar kita masih banyak orang yang mengaitkan kewenangan olahraga itu untuk kepentingan-kepentingan pribadi, itu yang gak boleh sih sebenarnya," ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT