Jembatan Karang Gantung di Kabupaten Kendal yang terancam putus setelah fondasinya ambrol diterjang banjir Sungai blukar. Foto: iNews TV/Eddie Prayitno.
Eddie Prayitno

KENDAL, iNews.idJembatan Karang Gantung terancam putus setelah fondasinya ambrol diterjang banjir Sungai Blukar. Jembatan selama ini menjadi akses utama warga tiga dusun di Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal.  

Tiga dusun yang terancam terisolasi yakni Karanggantung, Sumyak dan Seneng dengan total jumlah penduduk sekitar 1.500 orang. 

Untuk mengamankan jembatan, puluhan warga bekerja bakti membersihkan dan memasang besi sepanjang 12 meter sebagai alas alternatif untuk kendaraan roda empat melalui jembatan.

Jembatan Karanggantung di Dukuh Karanggantung merupakan satu-satunya akses penghubung dengan dukuh lainnya. Kondisinya kini membahayakan setelah sebagian pondasi terkena erosi akibat diterjang derasnya banjir Sungai Blukar.  

“Kondisi fondasi kini sudah memakan separuh jalan beton, sehingga tampak menggantung,” kata Kepala Dusun Sumyak, muhammad ka'ab, Senin (7/11/2022). 

Pihaknya khawatir apabila jembatan tidak segera diperbaiki, warga terancam terisolasi. Sebab jembatan merupakan akses utama warga untuk menjangkau pendidikan, ekonomi dan kesehatan. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT