Pada International Conference ini, pembicara pertama yaitu Andrian Rodger PhD seorang Provesor literasi dari OHIO University Amerika Serikat yang membahas mengenai Pembelajaran Literasi TK-Kelas 3 SD Secara Online di Indonesia.
Andrian mengatakan, dari penelitian yang dilakukan selama mengamati pembelajaran di Indonesia ada beberapa metode pendidikan yang efektif diterapkan di Indonesia diantaranya yaitu guru bisa memberikan siswa tugas mengamati keadaan di sekitarnya lalu digambar dan diberikan keterangan dan dikirim melalui WhatsApp.
“Membuat dinding kata yang dapat dilihat setiap hari sehingga apa yang diajarkan tidak mudah lupa, menandai buku bacaan sesuai level sehingga memudahkan siswa menentukan bacaan, siswa belajar menulis dan merangkai kata dari hal yang diamati bukan dari teks di buku,” katanya.
Sementara Dr Eric Chi Keung Cheng yang membahas mengenai mengembangkan modal pembuktian sekolah melalui pembelajaran-kerangka teori. Sedangakan Farid Ahmadi SKom MKom PhD menyampaikan materi yang bertema millennial teacher in the pandemic era.
Dia menyebutkan ada tujuh cara menjadi millennial teacher di masa pandemi yaitu harus mematuhi protokol kesehatan, melakukan analisis terhadap perkembangan siswa mengenai kemampuan ekonomi dan teknologinya.
“Guru harus bisa mendesain pembelajaran online, memilih dan menyederhanakan ruang lingkup mata pelajaran dan menggunakan media yang tepat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, buat belajar menjadi menyenangkan,” ujarnya.
Sementara, Prof Dr Supyan Hussin yang membahas mengenai Pendidikan Dasar Selama Era Pandemi: Pengalaman di Malaysia.
Editor : Ahmad Antoni
Artikel Terkait