Kawasan destinasi wisata Goa Rong di Desa Tlogo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Foto: Taufik Budi.
Taufik Budi

SEMARANG, iNews.id - Goa Rong menjadi jujugan wisatawan yang ingin berburu keindahan sunset di kawasan perbukitan Kabupaten Semarang. Lokasi ini bukan hanya menawarkan cantiknya alam, tetapi juga tempat uji adrenalin dengan menuruni ribuan anak tangga untuk menyaksikan Goa Rong. 

Goa Rong View merupakan destinasi wisata di atas bukit yang berlokasi di Desa Tlogo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Tempat ini menjadi buruan wisatawan untuk melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari. 

Bila cuaca bagus, pengunjung akan mendapatkan suguhan keindahan alam berupa pemandangan Gunung Ungaran, Sumbing, Sindoro, dan Telomoyo yang tinggi menjulang. Di antara gunung-gunung tersebut juga bisa terlihat luasnya Danau Rawa Pening. 

Para wisatawan biasanya akan memadati kawasan viewpoint untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan senja. Sebab sunset menjadi peristiwa yang paling eksotis, sehingga banyak ditunggu para pengunjung Goa Rong View. 

Keseruan masih belum berakhir, pengunjung ditantang untuk menaklukkan ribuan anak tangga sepanjang 300 meter menuju Goa Rong. Lokasinya cukup menantang karena tangga turun menukik sepanjang 300 meter. 

“Kehati-hatian sangat diperlukan, apalagi bila usai turun hujan karena anak tangga akan licin. Jangan terlena dengan keindahan alam yang disaksikan di sepanjang anak tangga. Sebab bagian tepinya adalah jurang yang curam,” kata salah satu wisatawan, Josua Firdaus, Senin (19/9/2022). 

Meski tak terlalu dalam, namun Goa Rong disebut-sebut menyimpan banyak misteri pada masa penjajahan Jepang. Banyak pejuang yang konon menyepi ke tempat tersebut untuk bersembunyi. Bahkan di antaranya sengaja bertapa. 

Menuruni ribuan anak tangga menuju Goa Rong tak disarankan bagi anak-anak apabila tanpa pengawasan orang tua. Selain itu, pada saat kembali naik akan membutuhkan tenaga sangat besar. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT