Hendrar Prihadi saat pengambilan sumpah pada acara pelantikan sebagai Kepala KLPP di Istana Negara, Senin (10/10/2022). (Setpres)
Ahmad Antoni

SEMARANG, iNews.id Hendrar Prihadi pamit ke warga Kota Semarang setelah dilantik sebagai Kepala Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Pelantikan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Senin (10/10/2022).

Dalam akun Instagramnya @hendrarprihadi, pria yang akrab disapa Hendi itu mengunggah video dengan menulis caption “ Keluarga seperti ranting pohon, kita tumbuh ke arah yang berbeda, namun akar kita tetap menyatu. Sedulur2 semua saya titip Kota Semarang, semoga segala tren positif yang telah kita upayakan bersama bisa terus berlanjut.”

Unggahan Hendi itu pun mendapat beragam komentar dari netizen. Rata-rata mereka merasa kehilangan sosok Hendi sebagai Wali Kota Semarang yang banyak membawa perubahan di ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

“Selamat bapak atas jabatan barunya semoga amanah dan berkah, Semarang semakin hebat dan akan selalu hebat,” ujar @meilisnawati. “Sukses selalu pak, sedih tapi Bapak lebih dibutuhkan di tempat baru,” imbuh @unik_oke.

“Kelingan karo kelangan mas,” ucap @devanoctumo. “Mas Hendi, terima kasih atas kerja kerasnya bikin Kota Semarang jadi kota besar, hidup dan keren. Jangan lupa pulang pak, Jateng menunggumu untuk ditata jadi provinsi no 1, sukses dan berkah di tempat baru,” ucap @esti_widsyandari

Untuk diketahui, Hendi dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 125/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. 

Dalam pelantikan, Presiden Joko Widodo mengambil sumpah jabatan Kepala LKPP yang dilantik.  Selanjutnya, Hendrar Prihadi pun akan menjalankan tugas sebagai Kepala LKPP untuk fokus dalam urusan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Dalam keterangannya usai pelantikan, Presiden Joko Widodo menyampaikan alasan pemilihan Hendi sebagai Ketua LKPP adalah berdasarkan kemampuan dan kapasitasnya dalam mengelola organisasi. Presiden berharap Kepala LKPP yang baru dilantik dapat terus meningkatkan sistem pengadaan barang dan jasa di Indonesia.

“Sehingga ruang-ruang untuk utamanya dalam pengadaan barang dan jasa betul-betul bisa dikelola dan dikendalikan,” ujar Presiden.

Kepada Kepala LKPP Hendrar Prihadi, Presiden juga berpesan untuk menyelesaikan persoalan mengenai produk dalam negeri produksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kepala Negara berharap akan makin banyak produk UMKM yang dapat masuk ke e-katalog pusat maupun lokal.

“Itu penting, sehingga gerakan cinta produk dalam negeri betul-betul nanti terimplementasikan dalam hal belanja pemerintah, BUMN, dan oleh daerah,” katanya.

Sementara, Hendi dalam sesi keterangan pers setelah pelantikan menegaskan akan fokus menjalankan tugasnya sesuai arahan Presiden Jokowi. Untuk itu dia pun menyebut fokus pada dua hal, yaitu peningkatan penggunaan dalam negeri dan UMKM serta percepatan transformasi digital.

Selain itu dia juga menyebut akan mendorong penguatan sinergitas LKPP dengan berbagai instansi, termasuk pemerintah daerah guna memastikan penerapa E-Katalog Lokal. 

“Saya rasa E-Katalog Lokal ini kalau bisa dipahami manfaatnya besar sekali, saya mengambil contoh di Kota Semarang bagaimana penguatan ketahanan ekonomi dapat didorong lewat itu,” ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT