Mobil hemat energi Pandawa buatan mahasiswa Unnes berhasil lolos tahap technical inspection pada kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2022. (Ist)
Ahmad Antoni

SEMARANG, iNews.id - Mobil hemat energi Pandawa buatan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil lolos tahap technical inspection pada kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2022. Kompetisi berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok NTB.

Dalam inspection tersebut, mobil hemat energi Pandawa Unnes menjalani 13 rangkaian uji teknis mulai dari penimbangan berat kendaraan hingga pengecekan bahan bakar.

Dr Eng Rizqi Fitri Naryanto ST Meng selaku dosen pembimbing menygatatakan pada kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2022 pada 11-15 Oktober dilakukan pengecekan yang sangat ketat. 

“Seluruh tim yang mengikuti Shell Eco-marathon 2022 berpacu dengan waktu untuk bisa lolos tahapan Technical Inspection atau uji teknis. Uji teknis ini menentukan sebuah tim layak atau tidak untuk mengikuti kompetisi Shell Eco-marathon 2022 yang mulai digelar besok,” kata Rizqi Fitri, Jumat (14/10/2022).

Menurutnya, uji teknis dilakukan oleh tim penguji pada dua kategori kelas kendaraan, yakni kategori Prototype dan UrbanConcept. “Uji teknis ini memang sangat ketat, dan Alhamdulillah Mobila Pandawa Unnes berhasil lolos dalam tahap uji teknis tersebut,” ujarnya.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada tim Pandawa yang telah berhasil lolos uji teknis.Dia juga memberikan dukungan kepada seluruh tim Pandawa untuk berjuang. 

“Ini merupakan inovasi penting pada ilmu pengetahuan karena sebagai Universitas Konservasi, Unnes harus melakukan riset yang dapat digunakan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan,” katanya..

Tim Pandawa ini terdiri 9 mahasiswa Fakultas Teknik UNNES dan satu dosen pembimbing yaitu Dr Eng Rizqi Fitri Naryanto ST Meng, Damai Yudha Akbar Effendi, Hidayat Noer Rifki Supriyadi, Ibnu Basir Nurudin, Yogi Prasetyo, Mukhlis, Muhammad Nur Fachry Asyifa, Bima Aji Setiawan, I Gusti Made Andika, Maulana Ikhsanudin Rizaldi. 

Untuk diketahui, Shell Eco-marathon 2022 merupakan kompetisi global perancangan dan pengembangan kendaraan hemat energi tingkat sekolah menengah atas dan universitas.

Pada tahun ini, Shell Eco-marathon 2022 diikuti oleh lebih dari 40 tim pelajar dan mahasiswa dari 9 negara di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Korea Selatan, India, Kazakstan, dan Nepal.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT