veteran upacara
Lurisa Lulu, Angga Rosa

SALATIGA, iNews.id – Ada pemandangan berbeda saat upacara peringatan Hari Pahlawan di Kota Salatiga, Kamis (10/11/2022).  Biasanya yang menjadi inspektur upacara adalah pejabat, kali ini adalah seorangg veteran yang sudah berusia 97 tahun. 

Dia adalah Ketua DPC LVRI Kota Salatiga Soepardjo. Meski sudah berusia hampir satu abad, namun Sooepardjo masih kuat mengemban tugas sebagai inspektur upacara hingga selesai.

Kekuatan fisik Soepardjo membuat sejumlah peserta upacara, termasuk Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi bangga. Sinoeng langsung mengajak masyarakat untuk meneladani semangat para pahlawan, utamanya semangat para veteran yang bersedia menjadi petugas upacara. 

“Ini menjadi inspirasi bagi kita. Beliau Bapak Soepardjo Ketua DPC LVRI Kota Salatiga jika dalam keadaan sehat wal afiat berkenan menjadi inspektur upacara,” kata Sinoeng usai upacara di halaman Kantor Wali Kota Salatiga.

“Saya salut kepada beliau yang sudah berusia 97 tahun namun sekian lama berdiri di atas podium mulai dari memimpin mengheningkan cipta, membacakan Pancasila dan membacakan sambutan dari Kementerian Sosial, semua berjalan dengan lancar dan sempurna," katanya.

Sementara, upacara yang tergolong unik ini, yang menjadi petugas adalah dari kalangan veteran, Forkopimda dan Kepala OPD. Adapun susunan petugas upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77 yaitu,.Inspektur Upacara Soepardjo, Ketua DPC LVRI Kota Salatiga. Ajudan inspektur upacara Ketua DPRD Dance Ishak Palit.

Kemudian perwira upacara Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana, pemimpin upacara Penjabat Wali Kota Sinoeng N Rachmadi, Pembaca UUD 1945 Komandan Kodim 0714 Letkol Ade Pribadi Siregar, perwira keamanan Dandenpom IV/3 Letkol CPM Tonny Kuspriyadi. Sedangkan yang menjadi pembawa acara yakni, Sekretaris Daerah Pemkot Salatiga Wuri Pujiastuti.

Usai upacara bendera,. Pemkot Salatiga menyalurkan bantuan berupa bingkisan kepada veteran, janda veteran dan janda perintis kemerdekaan. Bantuan yang salurkan sebanyak 200 bingkisan.

"Semangat para veteran menjadi inspirasi bagi kita semua. Oleh karena itu, peringatanHari Pahlawan ke-77 kali ini bukan saja seremoni tapi kita mampu menjaga semangatnya, menjaga apinya, bukan hanya menjaga abunya saja,” ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT