Ganjar Prihartanto (55) dan Abidin Dundeng (60) saat ditemui ketika beristirahat di dekat simpang jalur utama pantura Pejagan-Brebes. (iNewsTV/Yunibar)
Yunibar

BREBES, iNews.id - Banyak cara dilakukan orang menempuh perjalanan mudik ke kampung halaman. Salah satunya dengan mengayuh sepeda dari Jakarta ke Kebumen, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Seperti yang dilakukan dua pria paruh baya yang baru sampai di jalur tengah Brebes ini, Selasa (26/4/2022) pagi.

Kedua pria tersebut yakni Ganjar Prihartanto (55) dan Abidin Dundeng (60). Meski di tengah terik matahari, keduanya seperti tak mengenal lelah terus mengayuh sepeda.

Mereka sedang melakukan perjalanan dari Jakarta dan Bekasi hendak mudik ke kampung halaman. Jika Ganjar hendak menuju kampung halamannya di Kebumen, sedangkan Abidin lebih jauh lagi yakni ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tentu saja, jalanan yang mereka tempuh tidak selamanya lurus. Namun juga sesekali berbelok arah untuk menuju kampung halaman yang mereka tuju.

Yang pasti, kedua lelaki yang sebenarnya sudah cukup umur ini seperti tidak mengenal lelah dan tetap bersemangat menempuh perjalanan.

Sedangkan rute yang dipilih dari Jakarta dan Bekasi, keduanya memilih melalui jalur utama pantura. Sesampai di jalur utama Simpang Pejagan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, mereka ambil arah ke selatan melalui Ketanggungan dan Bumiayu menuju arah ke Purwokerto, yang selanjutnya ke Timur ke Kebumen.

Ganjar Prihartanto yang ditemui sedang berhenti di dekat simpang jalur utama pantura Pejagan-Brebes mengatakan, gowes mudik Lebaran menggunakan sepeda dilakukan untuk sosialisasi ke masyarakat bahwa bersepeda bukan hanya dipakai di lingkungan rumah/ tapi sebagai alternatif untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

“Mudik dengan menggunakan sepeda selain menyehatkan, sekaligus nantinya juga bisa berkumpul dengan keluarga untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Selain itu, bisa mengurangi penggunaan BBM meskipun sedikit,” katanya.

Perjalanan gowes mudik menggunakan sepeda yang dilakukan dua pria ini, pelepasannya dilakukan di Kementerian Perhubungan pada Jumat (22/4). Dia menargetkan untuk perjalanan tujuan Kebumen bisa sampai Sabtu (30/4/2022)


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT