Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dan Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira saat memberikan keterangan pers, Senin (23/5/2022). Foto: ANTARA/Aris Wasita.
Antara

SOLO, iNews.id Pemkot Solo akan memboyong sejumlah produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk pameran di Paris, Perancis. Pameran akan digelar di gedung Le BHV Marais pada 8 Juni-15 Juli 2022.

"Nanti tanggal 5 nanti saya akan berangkat (ke Paris), kami sudah menyeleksi barang-barang unggulan," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Senin (21/5/2022). 

Ia mengatakan, keberangkatan ke Paris merupakan bagian dari aktualisasi dari apa yang sudah dikerjakan di Kampus UMKM Ekspor Shopee. Di kampus tersebut, pelaku UMKM diberikan pendampingan untuk bisa melakukan ekspor produk yang mereka jual.

"Di sana sudah banyak UMKM yang kami bina, kami inkubasi. Ini saatnya kami bawa barang-barang unggulan kami untuk pameran dan di-showcase-kan di Kota Paris," katanya.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, selama satu tahun terakhir sejak dibukanya Kampus UMKM Ekspor Shopee di Solo, ekosistem sektor tersebut berkembang sangat baik.

"Target yang kami tetapkan tahun lalu, yakni 10.000 eksportir dari Solo sudah tercapai dalam kurun waktu belum satu tahun. Jadi kami pikir apalagi yang bisa kami lakukan bareng-bareng untuk terus menyemangati UMKM karya Solo, karya Indonesia dan ini bisa membawa mereka ke kancah dunia yang lebih baik," katanya.

Ia mengatakan pada kesempatan kali ini Shopee memberikan dukungan yang merupakan program dari KBRI di Paris, yakni mempromosikan budaya, karya kreasi kreatif dari Indonesia, khususnya dari Solo dan beberapa kota lain di Jawa dan Bali.

"Supaya kita bisa tunjukkan bagaimana hasil-hasil kreatif kita ini di sana, memberi edukasi, memberi semangat, dan memberi branding yang kuat terhadap barang-barang lokal," katanya.

Ia mengatakan beberapa produk lokal yang akan dibawa ke Paris, di antaranya produk fashion, produk kreatif, kesenian perlengkapan rumah tangga, kerajinan tangan, dan produk yang bersifat kreatif lokal.

Sementara itu, Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan dipilihnya Paris karena kota tersebut merupakan pusat mode dunia.

"Ini jadi benchmark untuk mempromosikan produk UMKM kita di sana, melalui budaya paling efektif. Nanti penyelenggaraan acara tersebut juga akan melibatkan Mas Eko Pece (penari asal Solo) dan mbak Anggun (penyanyi asal Indonesia yang bermukim di Paris) juga di sana," katanya.


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT