Gol lemparan roket Pratama Arhan ke gawang Timor Leste bikin heboh dunia maya. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Tri Erysandi

JAKARTA, iNews.id - Profil dan biodata Pratama Arhan yang menjadi pemain muda terbaik Piala AFF 2022. Pemain bek kiri ini rutin berkontribusi melakukan assist dan gol untuk Timnas Indonesia

Pratama Arhan merupakan pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Walaupun gagal menjuarai Piala AFF 2020, Pratama Arhan berhasil menuai kagum para pecinta bola Indonesia dengan penampilannya yang ciamik. 

Berikut profil dan biodata Pratama Arhan:

Pratama Arhan lahir di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah  pada 21 Desember 2001. Pemain dengan nama lengkap Pratama Arhan Alif Rifai beragama Islam. Saat ini Arhan sudah memiliki kekasih bernama Marsella Aprilia. 

Arhan juga merupakan mahasiswa semester 3 di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, jurusan ekonomi manajemen. Berkat prestasinya, Arhan diberikan beasiswa hingga S2. 

Namun, Arhan memiliki impian untuk berkarier sepak bola di luar negeri. Pratama Arhan memulai karier sepak bola dengan bergabung dengan klub pemuda SSB Putra Mustika. Ia juga sempat bergabung dengan klub pemuda SSB Terang Bangsa dan PSIS Semarang.

Karier Sepak Bola Pratama Arhan:

Pratama Arhan mulai berkarier bersama dengan tim liga 1 PSIS Semarang pada 1 Januari 2020. Memulai debutnya bersama tim PSIS pada kompetisi Piala Menpora 2021. Setelah sukses bersama PSIS pada 16 Februari 2022 Pratama Arhan diboyong tim profesional Jepang Tokyo Verdy dengan status bebas transfer.  

Arhan memiliki nilai plus yaitu full back serba bisa, tak heran jika Tokyo Verdy tertarik dengan Pratama Arhan. Menurut keterangan laman Transfermarkt, pesepakbola berusia 20 tahun itu memiliki nilai pasaran dengan harga 325 ribu euro atau setara Rp5,26 miliar.

Meski belum melakukan debut, namun dengan masuknya Arhan membuat tim liga 2 jepang ini jumlah followersnya naik drastis.

Pratama Arhan menjadi kebanggaan dikarenakan pada kompetisi Piala Menpora 2021, ia mendapatkan penghargaan sebagai pemain termuda terbaik. Selain itu, Pratama Arhan bersama dengan Timnas Indonesia berhasil meraih posisi runner up Kejuaraan AFF 2020.

Itu dia profil dan biodata Pratama Arhan, pemain muda terbaik kesayangan pelatih Shin Tae-yong.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT