Wali Kota Yuliyanto memusnahkan makanan dan minuman kadaluarsa sitaan dari razia dengan cara dibakar di Halaman Kantor Pemkot Salatiga, Senin (25/4/2022). Foto/IST
Angga Rosa

SALATIGA, iNews.id - Ratusan bungkus makanan dan minuman (mamin) kedaluwarsa yang disita petugas tim gabungan dari sejumlah pedagang di pasar tradisional dan toko modern dimusnahkan di halaman Kantor Pemkot Salatiga, Senin (25/4/2022). Ratusan bungkus mamin kedaluwarsa terdiri dari 27 jenis.

Kepala Satpol PP Kota Salatiga Joko Haryono menjelaskan, makanan dan minuman kedaluwarsa yang dimusnahkan merupakan hasil razia yang digelar pada 11-12 April 2022 lalu. 

"Jumlah total makanan dan minuman kedaluwarsa yang dimusnahkan sebanyak 256 bungkus itu, diamankan dari sejumlah toko dan kios di Pasar Raya 1," kata Joko.

Menurutnya, dalam razia banyak pemilik toko maupun kios dengan sukarela menyerahkan barang dagangannya yang sudah kedaluwarsa. Pedagang yang terbukti menjual makanan dan minuman kedaluwarsa, telah diberi peringatan dan edukasi. 

"Saya berharap, tidak ada lagi pedagang yang masih menjual makanan dan minuman tidak layak dikonsumsi. Sebab makanan dan minuman kedaluwarsa membahayakan kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan masyarakat untuk lebih teliti sebelum membeli makanan dan minuman kemasan. Teliti kemasannya, terutama masa kedaluwarsanya.

"Kami imbau warga Salatiga untuk berhati-hati dalam membeli makanan dan minuman. Teliti dahulu tanggal kedaluwarsanya agar tidak mendapatkan barang kadaluwarsa," ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkot Salatiga akan menindak tegas pedagang yang kedapatan menjual makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa. "Pertama kami beri teguran dulu Kalau tidak mempan beri surat peringatan. Kalau masih ngeyel, tutup saja tokonya,” ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT