“Stang merupakan komponen utama dalam handling, kuasai kemudi dengan memegang dengan seluruh jemari dan posisikan di tengah grip tangan. Usahakan pergelangan tangan segaris dengan bagian tengah bundar pipa stang. Ini posisi ideal telapak tangan bisa menahan sekaligus tetap bisa merubah arah tanpa terjadi kegagalan,” ucapnya.
Selain tangan beserta jemarinya, posisi kaki sangat menentukan dalam kesigapan dan sangat membantu tubuh menghasilkan keseimbangan di posisi duduk berkendara. Posisi kaki yang menekuk 90 derajat adalah paling ideal untuk tubuh bisa menghasilkan gerak dinamis tubuh, dan keseimbangan yang bagus dalam berkendara harian.
Motor matik memiliki lantai untuk telapak kaki. Bahkan disediakan untuk merenggangkan kaki (leisure area atau selonjor di motor PCX, ADV dan Forza). Berbeda dengan motor sport dan bebek untuk pijakan kaki atau lebih dikenal barstep, lokasinya yang tepat untuk posisi kakinya agar menghasilkan kesimbangan yang optimal sesuai kebutuhan ridingnya.
“Dianjurkan pengguna matik menempatkan kaki dengan lutut menekuk 90 derajat dan telapak kaki menghadap ke depan agar mampu memberikan dukungan kepada tubuh agar menghasilkan respons lebih cepat dan keseimbangan manuver yang optimal, mode santai selonjoran dimanfaatkan untuk mengistirahatkan kaki sejenak dalam perjalanan,” ujarnya.
Editor : Ary Wahyu Wibowo
Artikel Terkait