Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Kanwil ATR/BPN Jawa Tengah Dwi Purnama saat berbincang dengan jajaran Kanwil ATR/BPN Jateng di Semarang. (Antara)
Antara

SEMARANG, iNews.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menginstruksikan jajarannya dalam pemberantasan mafia tanah. Untuk itu, Hadi memerintahkan jajaran seluruh daerah untuk bersinergi dengan pihak terkait.

"Saya perintahkan BPN harus bersinergi dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum, dan badan peradilan dalam pemberantasan mafia tanah," kata Hadi usai melakukan kunjungan kerja di Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Jateng, di Semarang, Selasa (5/7/2022).

Menurut mantan Panglima TNI itu, jika empat pilar tersebut bersinergi dalam memberantas berbagai praktik mafia tanah, maka hasilnya bisa optimal.

"Kalau ada satu pilar yang masuk angin, maka di situlah mafia tanah akan masuk sehingga empat pilar ini selalu saya ajak bersama-sama," ujarnya didampingi Kepala Kanwil ATR/BPN Jateng Dwi Purnama.

Oleh karena itu, Hadi ingin Kepala Kantor Wilayah dan Kantor Pertanahan dimasukkan pada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Plus sehingga memudahkan koordinasi antarempat pilar tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Hadi menyebutkan jika saat ini ada beberapa proyek strategis nasional yang ada di Provinsi Jawa Tengah, salah satunya pembangunan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta yang prosesnya kini masih dilakukan pembebasan lahan.

Terkait dengan hal itu, pihaknya berupaya melakukan percepatan agar proyek strategis nasional tersebut bisa selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

"Proyek strategis nasional terus kami dukung dan lakukan percepatan agar pembangunannya tidak terlambat dan semua berjalan sesuai rencana," katanya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT