Curug Nangga, salah satu tempat wisata di Purwokerto. Foto: Tangkapan layar YouTube.
Tati Rukmanah

JAKARTA, iNews.id - Tempat wisata di Purwokerto banyak yang menjadi incaran masyarakat untuk berlibur. Tempat-tempat tersebut memiliki keunikan dan sangat instagramable

Dikenal dengan bahasanya yang ngapak, Purwokerto juga disebut sebagai Kota Satria yang diakui menyimpan sejumlah objek wisata alam yang menarik serta kekinian. 

Ingin tahu apa saja deretan kota wisata di Purwokerto? Yuk simak daftar tempat wisata di Purwokerto. 

1. Baturaden 

Destinasi wisata alam yang satu ini menjadi tempat wisata favorit keluarga di Purwokerto. Lokasinya pun terbilang sangat dekat dengan kaki Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas. 

Tempat wisata ini dikenal dengan wahana permainan dan juga tamannya. Bahkan, kerap kali dijadikan sebagai tempat piknik bagi masyarakat setempat. Wahana yang terdapat di Baturaden antara lain seperti, flying fox, kolam renang, kereta putar, 4 dimensi dan masih banyak wahana yang lainnya. 

2. Telaga Sunyi 

Telaga Sunyi merupakan tempat wisata di Purwokerto yang menjadi sorotan publik sebagai wisata alam yang paling hits. Berlokasi di Sawah dan Hutan, Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas. Tempat ini memiliki jam operasional dimulai pada pukul 07.00-17.00 WIB. Tempat ini dinamakan sebagai Telaga Sunyi karena tempatnya yang tersembunyi. Para pengunjung bisa menikmati ketenangan serta keindahan yang ada di telaga ini. 

3. Curug Nangga 

Curug yang berlokasi di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen ini dianggap salah satu tempat wisata istimewa yang ada di Purwokerto. Pasalnya, saat wisatawan berkunjung ke tempat ini, langsung diperlihatkan oleh aliran air tujuh tingkat. Karena pesona alamnya, masyarakat sekitar menyebutnya mirip dengan negeri di atas angin.

Dari area parkiran, wisatawan akan berjalan sejauh 800 meter untuk bisa sampai di curug tersebut. Dan selama perjalanan akan melewati sistem perairan terasering dan berundak yang mirip seperti di Bali. Menarik bukan wisata alam di Purwokerto tetapi serasa di Bali?

4. Curug Jenggala  

Tempat wisata di Purwokerto berikutnya adalah Curug Jenggala yang berlokasi di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden. Curug ini memiliki tiga aliran air dari atas tebing dan memiliki ketinggian mencapai 30 meter. 

Curug Jenggala memiliki spot foto yang unik, yaitu berbentuk love, sehingga cocok sekali untuk para pengunjung yang datang bersama pasangannya dan foto di spot ini karena spot foto love ini berhadapan langsung ke arah curug. 

5. Hutan Pinus Limpakuwus 

Hutan ini terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang. Tempat ini bisa dijadikan tempat wisata karena memiliki banyak pohon pinus yang menjulang tinggi, sehingga sangat cocok untuk pengunjung yang ingin berfoto. 

Tempat ini juga sering dijadikan untuk foto prewedding karena keindahan pohon pinusnya dan jika beruntung, pengunjung pun bisa melihat sapi-sapi yang berkeliaran di padang rumput milik Kementan.

6. Mountain Slide Limpakuwus

Mountain Slide adalah wahana permainan berseluncur pertama di Kabupaten Banyumas. Permainan berseluncur ini dilakukan di alam bebas. Wahana ini cocok untuk segala usia, dari dewasa sampai dengan anak-anak pun sudah dijamin pasti akan aman. Wahana ini memiliki daya tarik karena menawarkan sensasi asiknya berseluncur di alam bebas pegunungan. Pasalnya tempat ini berada di sekitar kawasan lereng Gunung Slamet.

7. Goa Sarabadak 

Tempat wisata di Purwokerto berikutnya adalah Goa Sarabadak yang terletak di Desa Kemutuk Lor. Di tempat ini banyak spot foto yang bagus. 

Itu tadi tempat wisata di Purwokerto yang bisa menjadi referensi. Jika berkesempatan datang ke Kabupaten Banyumas, silakan berkunjung ke lokasi-lokasi tersebut. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT