Longsor yang menimpa rumah Musyarofah, warga Dusun Pelemsari, Desa Doplang, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Foto: Ist.
Angga Rosa

SEMARANG, iNews.id – Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Pelemsari RT 02 RW 02 Desa Doplang, Kecamatan Bawen, kabupaten Semarang. Longsoran menimpa rumah Musyarofah (59) warga setempat yang mengakibatkan dinding dua kamar jebol.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Guna membantu korban tanah longsor tersebut, warga bersama relawan gotong-royong membersihkan material tanah dan batu. 

Pondasi talud setinggi 6 meter dengan panjang 20 meter diduga longsor akibat tergerus air hujan. Pondasi tidak kuat menahan beban yang ditopang saat terjadi hujan dan akhirnya longsor. 

"Selama dua hari belakangan terjadi hujan deras. Kemungkinan pondasi talud tergerus aliran air hujan hingga longsor," kata salah seorang warga, Agus, Sabtu (19/2/2022).

Kejadian sudah dilaporkan ke BPBD Kabupaten Semarang. Petugas juga telah melakukan assessment kerusakan rumah dan kemungkinan terjadinya longsor susulan. Adapun kerugian yang dialami sekitar Rp25 juta. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

BERITA TERKAIT