Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat memberikan keterangan pers di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Sabtu (4/6/2022). Foto: ANTARA/Sumarwoto.

Ia mengakui, sejauh ini dari berbagai kampus di Indonesia, baru UMP yang mendeklarasikan sebagai Rumah UMKM.

"Tadi pagi saya cerita sama Pak Rektor, kenapa kita sering menyebut Rumah UMKM? Ternyata UMKM begitu dihadirkan di rumahnya sendiri, misalnya sekarang M Bloc, Pos Bloc dan lain sebagainya, sekarang UMKM begitu berkelas," kata Teten.

Bahkan, kata dia, Sarinah sekarang sudah menjadi destinasi wisata belanja yang menghadirkan 100 persen produk UMKM.

"Ini meyakinkan kita bahwa produk UMKM kalau dikurasi dengan benar, packaging-nya diperbaiki, model bisnisnya dikembangkan, termasuk ke supply chain-nya, dan kemudian kemasan besarnya itu bukan lagi kemasan produknya, tetapi kemasan besarnya itu adalah Rumah UMKM," katanya.

Menurut dia, Rumah UMKM itu ternyata bisa mengalahkan produk-produk brand besar, sehingga hal itu semakin meneguhkan keyakinan bahwa Indonesia punya potensi ekonomi UMKM yang luar biasa.

"Cuma selama ini kita belum percaya diri untuk mengembangkan produk-produk UMKM,” ucapnya. 

Ia mengakui saat ini gaya hidup dunia dalam mengonsumsi produk fesyen, makanan, dan sebagainya sedang tren pada custom serta handmade yang merupakan kekuatan UMKM. 


Editor : Ary Wahyu Wibowo

Sebelumnya
Halaman :
1 2

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network