Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes Prof Zaenuri, Direktur Utama REFO Pepita Gunawan memberikan keterangan pers. (Ist)
Ahmad Antoni

SEMARANG, iNews.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Reformasi Generasi Indonesia (REFO) meluncurkan program “Unnes Goes Beyond”. Peluncuran program ini dilaksanakan di gedung Rektorat, Kampus Unnes Gunungpati, Semarang, Jumat (26/8/2022).

Peluncuran ini sebagai penanda kemitraan kedua pihak dalam optimalisasi penggunaan Google Workspace for Education Plus.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes Prof Zaenuri, Direktur Utama REFO Pepita Gunawan, dan Sales Program Manager Google for Education Tiffany Santosa.

'Sebagai Google for Education Partner di Indonesia, REFO tidak hanya sekadar menawarkan layanan penyediaan Google Workspace for Education Plus kepada institusi-institusi pendidikan, tetapi juga memberikan konsultasi, pendampingan, dan pelatihan selama kerja sama berlangsung,'' kata Pepita Gunawan.

Salah satu program yang dirancang khusus bagi pengguna Google Workspace for Education Plus, khususnya Unnes, adalah Unnes Goes Beyond. Google Workspace for Education adalah sebuah platform yang mempermudah kolaborasi antara pengajar dan peserta didik, meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar (PBM), dan menjaga agar lingkungan pembelajaran tetap aman.

Dalam platform tersebut, pengajar dan siswa dapat menggunakan alat dan fitur seperti Google Classroom, Google Meet, Documents, Spreadsheet, Slides, dan lainnya untuk membuat proses belajar-mengajar menjadi lebih hidup. Sedangkan Google Workspace for Education Plus merupakan edisi lanjutannya dengan fitur penambahan kapasitas penyimpanan di Google Drive.

Kemudian Google Meet dengan kapasitas sampai dengan 500 peserta, breakout room, rekaman di Google Drive, dan rekaman kehadiran, persetujuan dokumen, Cloud Search, cek plagiasi tanpa batas, dan fitur keamanan tingkat lanjut.

Program ini terdiri dari empat subprogram, yaitu, Plus Leaders, ditujukan pada para pimpinan perguruan tinggi, lus Faculty Champions, ditujukan pada para dosen, Plus Admin Champions, ditujukan pada para IT admin dan Plus Student Champions, ditujukan pada para mahasiswa.

Pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan, baik daring maupun luring, dibawakan oleh para coach dari REFO yang memiliki pengalaman ekstensif dan ahli di bidangnya. Adapun rangkaian pelatihan dimulai pada 10 Agustus 2022 secara daring. Pelatihan untuk para pimpinan dan mahasiswa dilaksanakan secara luring, di Kampus Unnes Gunungpati pada tanggal 26-27 Agustus 2022.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes Prof Zaenuri menyambut baik program ini. “Dengan program ini diharapkan meningkatkan keterampilan khususnya dosen dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi” ujarnya. 


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT