Merrywati Manuil mengenakan jilbab saat bertanding di Kejuaraan Pencak Silat Dunia 2022 (Foto: Dok Pribadi/Facebook)
Anton Suhartono

KUALA LUMPUR, iNews.id - Viral aksi Merrywati Manuil, atlet cantik pencak silat asal Malaysia tampil menggunakan jilbab. Perempuan berparas manis yang diketahui beragama Kristen tersebut mengenakan jilbab saat bertanding hingga membuat publik heboh.

Merrywati Manuil mengungkapkan bahwa alasannya memakai jilbab saat bertanding meskipun tak ada aturan yang mewajibkannya.

Banyak orang bertanya-tanya mengapa saya memakai jilbab meskipun saya seorang Kristen. Silat adalah warisan orang Melayu. Sebagai non-Melayu, saya menghormati, mengagumi, dan mencintai silat. Meski tidak wajib berhijab, saya lebih memilih menggunakannya saat bertanding," kata Merrywati, di Facebook, seperti dilaporkan kembali World of Buzz, Senin (8/8/2022).

Atlet berusia 19 tahun itu juga membuat bangga Malaysia karena mempersembahkan medali emas Kejuaraan Pencak Silat Dunia 2022 di Melaka International Trade Center, Ayer Keroh. 

Merrywati pun menyampaikan alasan yang bisa membuat orang terenyuh. Dia merasa jilbab mewakili sikap sopan.

"Jilbab tidak hanya wajib bagi perempuan Melayu untuk menjaga kesopanan, tapi juga bagi saya untuk terlihat lebih sopan, rapi, dan beradab selama bertanding. Sama sekali tak ada paksaan dari pihak mana pun," ujarnya.

Menurut Merrywati, penting baginya untuk mempelajari tradisi dan warisan orang Melayu. Dia pun tertarik mempelajari budaya Melayu, sampai mempraktikannya.

“Saya sedang mempelajari ilmu orang Melayu, tentu saya akan mengikuti dan bertindak sesuai apa yang saya pelajari. Mudah-mudahan pertanyaan terkait jilbab ini terjawab sekarang," ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT