Penumpang kereta api diturunkan di Stasiun Purwokerto. (Foto: ANTARA)
Angga Rosa

PURWOKERTO, iNews.id - Beredar video yang menampilkan petugas PT KAI menurunkan penumpang kereta api karena belum vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster). Dalam video itu disebutkan terjadi di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah. 

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi membenarkan peristiwa dalam video yang diunggah akun TikTok @soulendire itu.

"Kejadiannya pada hari Jumat (29/7/2022) pukul 16.02 WIB," kata Ayep dikonfirmasi wartawan di Purwokerto, Sabtu (30/7/2022). 

Ayep menjelaskan, penumpang perempuan berinisial INA itu naik Kereta Api Purwojaya dari Purwokerto menuju Gambir, Jakarta pukul 15.45 WIB. Petugas mendapat informasi penumpang itu baru mendapat vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Penumpang beralasan belum mengikuti vaksinasi dosis ketiga (booster) karena alergi. Saat diminta petugas PT KAI untuk mengikuti tes antigen, penumpang itu menolak sehingga diantarkan ke customer service untuk mendapat penjelasan.

"Setelah menerima penjelasan dari petugas customer service, perempuan itu marah-marah dan pada pukul 15.48 WIB yang bersangkutan lari menerobos boarding lalu naik ke dalam rangkaian KA Purwojaya," kata Ayep.

Ayep mengatakan, akibat peristiwa itu, kereta api yang seharusnya berangkat dari Stasiun Purwokerto pada pukul 16.02 WIB belum bisa diberangkatkan karena perempuan penumpang tersebut tidak bersedia turun dari kereta api.

Setelah petugas pengamanan bersama Kepala Stasiun Besar Purwokerto dan kru Kereta Api Purwojaya menjelaskan persyaratan naik kereta api di dalam rangkaian KA Purwojaya, perempuan tersebut akhirnya bersedia turun dari kereta dan diarahkan untuk menjalani tes antigen.

Selanjutnya perempuan itu melanjutkan perjalanannya ke Jakarta dengan Kereta Api Senja Utama Solo relasi Purwokerto-Gambir.

"Akibat kejadian tersebut, KA Purwojaya relasi Purwokerto-Gambir baru bisa diberangkatkan pada pukul 16.18 WIB atau mengalami kelambatan 16 menit," kata Ayep.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT