10 Fakta Menarik Kota Solo, Nomor 8 Tradisi Unik yang Tak Ada di Daerah Lain

Ahmad Antoni · Kamis, 24 November 2022 - 16:02:00 WIB
10 Fakta Menarik Kota Solo, Nomor 8 Tradisi Unik yang Tak Ada di Daerah Lain
Kereta uap saat melintas di kawasan Gladak Jalan Slamet Riyadi Kota Solo. (foto Ahmad Antoni)

SOLO, iNews.id – Fakta menarik Kota Solo merupakan kota yang kaya akan seni dan budaya yang masih terawat. Kota Solo salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). 

Kota Solo memiliki tradisi budaya yang masih sangat kental. Hal itu menjadi kelebihan tersendiri bagi Kota Solo dibanding kota-kota lainnya di Indonesia.

Jika Anda sedang berada di Kota Solo atau ingin mengunjungi Kota Solo, ada fakta-fakta menarik yang patut untuk diketahui. Berikut 10 fakta menarik Kota Solo yang dihimpun dari berbagai sumber : 

1. Kota Kelahiran Presiden Jokowi
Fakta menarik Kota Solo yang pertama adalah tempat kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi lahir di Kota Solo, 21 Juni 1961. Jokowi mengenyam pendidikan SD, SMP hingga SMA di Kota Solo. Jokowi pernah menjabat Wali Kota Solo selama dua periode (28 Juli 2015 hingga 1 Oktober 2012).

2. Kata Kota Solo dan Surakarta
Fakta menarik lainnya adalah Kota Solo memiliki dua nama, yaitu: Kota Solo dan Kota Surakarta yang masih digunakan sampai saat ini. Meski demikian, penggunaan dari masing-masing kata tersebut berbeda. 

Contohnya, Kota Solo yang merupakan penyebutan umum dengan latar belakang aspek Kultural kota tersebut. Sedangkan nama Kota Surakarta lebih biasa digunakan dalam situasi formal-pemerintahan.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: