10 Pahlawan Asal Jawa Tengah, Nomor 8 Jenderal Termuda Indonesia

Ahmad Antoni ยท Rabu, 10 November 2021 - 06:19:00 WIB
10 Pahlawan Asal Jawa Tengah, Nomor 8 Jenderal Termuda Indonesia
Deretan pahlawan nasional, beberapa di antaranya berasal dari Jawa Tengah. (foto IST)

SEMARANG, iNews.id – Momen tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Hari ini, Rabu 10 November 2021, bangsa Indonesia  memeringati Hari Pahlawan guna mengenang jasa para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Gelar pahlawan nasional diberikan oleh Pemerintah RI sebagai bentuk penghargaan tertinggi kepada para pejuang kemerdekaan yang telah memberikan segala kemampuan bahkan nyawanya untuk Indonesia. 

Tindakan yang dianggap heroik, diartikan sebagai perbuatan nyata yang dapat dikenang dan dijadikan teladan sepanjang masa bagi rakyat lainnya. Berikut ini para pahlawan nasional  yang berasal dari Jawa Tengah dikutip dari laman sejarahlengkap.com: 

1 Jenderal TNI (Anm) Ahmad Yani
Jenderal yang lahir pada 19 Juni 1922 ini adalah komandan TNI AD. Ia mengikuti wajib militer Hindia Belanda pada tahun 1940, bergabung dengan PETA pada 1943. Jenderal Ahmad Yani adalah salah seorang korban G 30 S PKI, meninggal di Lubang Buaya Jakarta pada 1 Oktober 1965 dan dikenal juga sebagai Pahlawan Revolusi. 

2 R.A. Kartini
RA Kartini adalah keturunan bangsawan yang masih tunduk pada adat istiadat, lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jateng. Ia tidak diizinkan melanjutkan sekolah setelah lulus SD dan dipingit untuk dinikahkan. Untuk mengisi waktu ia banyak membaca dan mengirimkan surat kepada teman – temannya di Eropa, yang dibukukan oleh Mr. J. Abendanon dengan judul ‘ Habis Gelap Terbitlah Terang’ pada 17 September 1904 setelah kematian Kartini. Sekarang beliau menjadi salah satu pahlawan nasional wanita Indonesia.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: