10 Water Cannon Polda DIY Turun ke Jalan Semprotkan Disinfektan

Kuntadi ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 14:00 WIB
10 Water Cannon Polda DIY Turun ke Jalan Semprotkan Disinfektan
Penyemprotan disinfektan dengan water cannon di Yogyakarta (Foto: Instagram/Polda Jogja)

YOGYAKARTA, iNews.id – Kepolisian daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyemprot cairan disinfektan di seluruh wilayah DIY. Setidaknya terdapat 10 unit armoured water cannon (AWC) diterjunkan.

“Sesuai arahan Kapolri hari ini kita serentak melakukan penyemprotan desinfektan," kata Kabid Humas Polda DIY Kombespol Yulianto, Selasa (31/3/2020).

10 unit AWC ini rinciannnya, 3 unit milik Brimob, 2 unit milik Samaptab Polda DIY dan satu unit dari setiap polres. Selain itu juga dilakukan penyemprotan menggunakan dua mobil double cabin milik Brimob dan milik Polairud.

"Kita turunkan 10 unit AWC di seluruh DIY. Kita juga kerjasama dengan Damkar untuk penyemprotan ini," katanya.

Tiga unit AWC milik Brimob melakukan penyemprotan dari Taman parkir Abu Bakar Ali menuju Gondomamam, Pojok Beteng Wetan Tungkak, Jalan veteran dan berakhir di SGM. Kemudian dari Abu Bakar Ali menuju Jalan Suryotomo, Gondomaman, Kusumanegara, SGM dan berakhir di blok O. Selanjutnya lotte mart, Maguwo, Kalasan dan berakhir di Prambanan.

Sementara dua unit AWC milik Ditsamapta Polda satu unit bergerak dari Polda DIY menuju UPN, SMK 1 Depok, Tajem, Babadan, Pasar Saren dan berakhir di Jalan Besi. Satu unit lagi dari Polda DIY ke Monjali, Jombor, Kronggahan, Demakijo Pelempgurih dan berakhir di Gamping.

Sementara itu Polres Gunungkidul mengerahkan dua unit AWC untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar Wonosari.

"Hari ini kita kerahkan dua mobil water canon untuk menyemprotkan cairan desinfektan, di sejumlah jalan yang kerap dilalui warga," kata Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan. 

Penyemprotan ini, merupakan salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Penyemprotan diawali dari halaman Polres Gunungkidul menuju ke Pasar Argosari. Selanjutnya di Kodim 0730 Gunungkidul dan kemudian berakhir kembali di Polres Gunungkidul.

"Kita pakai mobil ini, karena daya semprot cairan dari mobil ini begitu luas sehingga mampu menuju setiap sudut-sudut dengan mudah dan cepat," ucapnya.


Editor : Nani Suherni